Sukses


Indonesia Mengalami Lonjakan 11 Peringkat di Ranking Terbaru FIFA

Bola.com, Jakarta - Indonesia membuat kejutan dengan naik 11 peringkat dalam ranking FIFA terbaru yang dirilis Kamis (23/11/2017). Indonesia berhasil menggeser sejumlah negara, termasuk Guyana yang akan menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia pada Sabtu (25/11/2017).

Indonesia sebelumnya berada di posisi ke-165 dalam ranking FIFA. Namun, kenaikan 11 peringkat menjadi sebuah kejutan karena Timnas Indonesia tercatat tidak melakukan laga uji coba resmi yang terdaftar sebagai level A match dalam satu bulan terakhir. Bicara dalam hal poin, penambahan poin yang diraih Indonesia di ranking FIFA pun hanya 27 poin.

Tidak hanya berhasil naik 11 peringkat dalam ranking FIFA, situs resmi FIFA juga mencatat Indonesia masuk peringkat keempat dalam hal pergerakan terbaik. Korea Utara menjadi yang terbaik dalam hal ini dengan naik 18 peringkat dari 132 ke 114.

Sementara Lebanon dan Namibia berada di posisi kedua dan ketiga dengan kenaikan sebesar 13 dan 12 peringkat. Indonesia di peringkat keempat bersama Burkina Faso. Negara asal Afrika itu naik dari posisi ke-55 ke posisi ke-44.

Timnas Indonesia tercatat hanya melakukan satu laga uji coba, yakni kontra Suriah U-23. Pada laga itu pelatih Luis Milla memanggil delapan pemain senior masuk Timnas Indonesia U-23 pada Sabtu (18/11/2017).

Pada laga sebelumnya, Timnas Indonesia menghadapi Kamboja pada 4 Oktober 2017, yang berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Tim Garuda.

Prosedur penentuan ranking FIFA memang tidak hanya berdasarkan hasil pertandingan internasional timnas sebuah negara. Berdasarkan prosedur yang dimuat dalam situs resmi FIFA, penghitungan logis poin untuk ranking FIFA juga ditentukan dari jumlah total poin selama empat tahun, yang ditentukan dengan menambahkan rata-rata jumlah poin yang didapatkan dari pertandingan selama 12 bulan terakhir dan jumlah poin yang didapatkan dari pertandingan yang sudah lebih lama dari 12 bulan.

Artinya, melonjaknya peringkat Indonesia dalam ranking FIFA tak serta merta disebabkan hasil pertandingan uji coba internasional yang dilakukan Timnas Indonesia. Namun, juga bisa dipengaruhi hasil-hasil pertandingan yang dijalani oleh timnas dari negara-negara yang peringkatnya tidak jauh dari Indonesia.

 

Video Populer

Foto Populer