Sukses


Rahasia Saddil Ramdani Pede Jadi Bek Kiri saat Melawan Guyana

Bola.com, Bekasi - Pemain sayap Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mendapat kepercayaan dari pelatih Luis Milla untuk bermain sebagai bek kiri pada uji coba kontra Timnas Guyana di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11/2017).

Saddil Ramdani masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti pada menit ke-59, menggantikan Andi Setyo Nugroho yang tampak mengalami sedikit masalah kebugaran.

Menggantikan Andi Setyo yang berposisi bek tengah, Saddil Ramdani kemudian berperan sebagai bek kiri menggantikan Ricky Fajrin yang bergeser lebih ke tengah mengisi tempat yang ditinggalkan Andi Setyo.

Penampilan Saddil Ramdani sebagai bek kiri sempat menimbulkan pertanyaan, terutama karena di depannya ada Osvaldo Ardiles Haay, yang sebenarnya memiliki pengalaman bermain sebagai bek kiri di Persipura Jayapura.

Namun, Saddil menjawab tantangan dari Luis Milla dengan baik dan mampu mengawal sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia dengan baik.

Saddil Ramdani mengakui kepercayaan dari Luis Milla yang menginginkannya bermain sebagai bek kiri adalah hal baru baginya.

Pemain asal klub Persela Lamongan itu juga mengaku bisa percaya diri menjalani peran barunya karena mendapatkan banyak masukan dan ilmu dari Ricky Fajrin, yang dalam pertandingan itu bermain tepat di sisinya.

"Alhamdullilah ini pertama kali saya bermain sebagai bek kiri. Saya mendapatkan banyak ilmu dari Ricky Fajrin dan pemain senior lain di posisi bek kiri. Jadi, saya memang mendapatkan banyak arahan untuk melakukannya," ujar Saddil Ramdani.

Luis Milla mengaku sengaja memainkan Saddil Ramdani di posisi bek kiri. Pelatih asal Spanyol itu ingin melihat Saddil Ramdani bermain lebih dari satu posisi di bawah asuhannya dan merasa sang pemain mampu menjawab tantangannya.

Saddil Ramdani pun senang karena tantangan tersebut bisa diselesaikannya dengan baik. "Saya senang bisa bermain di posisi mana pun saya diberikan kepercayaan," tegasnya.

Pada laga kontra Guyana, Timnas Indonesia sempat mengalami krisis di lini pertahanan. Bagas Adi Nugroho sudah ditarik keluar dan digantikan Andi Setyo pada awal babak kedua.

Cedera yang dialami Andi Setyo pada menit ke-59 membuat Ricky Fajrin yang sejak awal berada di posisi bek kiri harus digeser ke tengah karena memiliki pengalaman bermain di posisi bek tengah.

Masuknya Saddil Ramdani sebagai bek kiri memang tak bisa dihindari mengingat bek kiri andalan Timnas Indonesia, Rezaldi Hehanussa, belum direkomendasikan untuk bermain pada uji coba tersebut menyusul cedera hamstring yang dialaminya saat uji coba kontra Suriah U-23 yang pertama di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/11/2017).

Video Populer

Foto Populer