Sukses


Getuk Langsung Klop dengan Dule di Arema

Bola.com, Malang - Arema FC baru menggelar dua kali sesi latihan untuk pramusim. Dari segi pemain, memang mengecewakan karena hanya lima pemain dari skuat musim lalu yang datang. Arema terpaksa mendatangkan pemain bantuan dari Akademi Arema dan klub Liga 2 asal Kabupaten Malang, Persekam Metro FC.

Namun, ada sebuah perkembangan bagus yang terlihat. Kerja sama pelatih kepala Joko 'Getuk' Susilo dengan pelatih fisik Dusan 'Dule' Momcilovic langsung klop karena dalam latihan mereka selalu berkolaborasi.

Kini Getuk memberikan porsi lebih banyak kepada Dule karena memang Ahmet Atayev dkk. mengalami penurunan fisik setelah libur kompetisi.

"Dule selalu berkomunikasi. Dia meminta waktu untuk porsi latihan fisik di setiap latihan. Program kami sejalan karena saya butuh pemain dengan fisik bagus musim depan," kata Getuk.

Selama masa persiapan, porsi latihan fitnes juga akan diperbanyak. Dalam seminggu, akan ada program latihan di pusat kebugaran sebanyak tiga kali. Padahal, biasanya hanya satu atau dua kali.

Kemarin, Dule sudah mengukur beban maksimal yang harus diangkat pemain di pusat kebugaran Universitas Brawijaya, Malang. Meski hanya lima pemain dari tim musim lalu yang hadir, mantan pelatih fisik Arema Indonesia ini serius mengumpulkan data masing-masing pemain.

"Semua pemain dia catat datanya sehingga penanganannya akan berbeda antarpemain. Tapi tujuannya sama, untuk memaksimalkan fisik pemain," jelas Getuk.

Dule merupakan sosok yang terbuka. Meski dia tidak menguasai bahasa Indonesia, pelatih 53 tahun asal Serbia ini bisa komunikasi dengan pemain, asisten, hingga kitman tim. "Saya harap asisten pelatih juga harus menyerap ilmu dari Dule," sambung Getuk.

Kehadiran Dule juga membuat tim pelatih Arema lebih detail dalam mempersiapkan materi latihan. Dia mengukur jarak antarpembatas lapangan dengan meteran. Biasanya tim pelatih hanya mengira-ngira dengan langkah kaki.

"Karena itu saya butuh Dule untuk memperbaiki hal-hal sepele di Arema yang nantinya berkaitan dengan fisik pemain," kata Getuk.

Video Populer

Foto Populer