Sukses


2 Legenda Timnas Indonesia Puji Ilija Spasojevic

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia melewati ujian kontra Mongolia, Senin (4/12/2017). Tim besutan Luis Milla itu meraih kemenangan 3-2 setelah menjalani pertandingan yang cukup berat menyusul kondisi lapangan yang basah dan berlumpur.

Dua legenda Timnas Indonesia, Rudy Keeltjes dan Aji Santoso menilai, bukan kemenangan yang menjadi dasar penilaian aksi Tim Merah Putih. Rudy mengaku sulit mengomentari soal teknis penampilan Timnas. Dengan kondisi lapangan seburuk itu, permainan asli kedua tim tidak tampak.

Kendati begitu, ia tetap menganggap para pemain timnas lebih bagus ketimbang Mongolia. Pasalnya, sama-sama bermain di lapangan yang berlumpur semacam itu, Tim Garuda masih mendominasi permainan, dan menunjukkan skema permainan yang rapi ketimbang lawan.

Tak hanya itu, ia memuji dua dari tiga gol yang dihasilkan skuat Garuda. Menurutnya, dua gol terakhir timnas melalui skema serangan yang apik. "Kalau gol pertama itu berbau keberuntungan lantaran bola berhenti terkena genangan air, dan Hansamu Yama berada di dekat bola," tuturnya.

Di luar itu, ia memuji penampilan para pemain muda yang diusung Luis Milla. Di matanya, semangat para pemain muda ini luar biasa. Mereka bermain ngotot sepanjang pertandingan seakan tak kenal lelah kendati bermain dalam kondisi lapangan tidak ideal.

Soal penampilan dan produktivitas Illija Spasojevic, bagi Rudy cukup bagus. Meski ia tak produktif lantaran tak mencetak gol, kemampuannya melindungi bola serta pergerakannya mampu memecah konsentrasi pemain belakang lawan.

"Dia tetap punya kontribusi. Setidaknya, Spaso membuka ruang bagi pemain lain untuk cetak gol. Spaso juga memperlihatlkan totalitasnya dengan kostum Merah Putih. Saya pikir itu nilai plus Spaso," sebut Rudy.

Hal senada dilontarkan pengamat asal Jatim lainnya, Aji Santoso. Arsitek Persela Lamongan ini juga tidak bisa memberikan penilaian terhadap penampilan Timnas di laga tersebut. Pasalnya, kedua tim sama-sama tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya karena kondisi lapangan yang tidak ideal.

Aji Santoso sepakat dengan Rudy mengenai Spaso. Menurutnya penampilan Spaso pantas diberi apresiasi. "Spaso pemain yang sangat bagus. Dia memang tidak cetak gol pada laga kontra Mongolia, tapi keberadaannya membuat Timnas Indonesia mampu mengeksploitasi pertahanan lawan. Spaso pemain matang, dan tahu tugasnya. Saya rasa Spaso pantas mendapatkan tempat di timnas," tutur Aji.

Video Populer

Foto Populer