Eks Pemain Timnas Indonesia Ikuti Kursus AFC

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 06 Des 2017, 19:40 WIB
Wahyu Tri Nugroho, Bhayangkara Surabaya United, Bola.com

Bola.com, Yogyakarta - Mantan pemain Timnas Indonesia ramai-ramai mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC. Mereka adalah Anang Ma'ruf, Wahyu Tri Nugroho, dan Nopendi. Rencananya, kursus tersebut akan berlangsung di Yogyakarta, 18-30 Desember 2017.

Ketua Panitia Kursus, Herwin Sjahrudin menjelaskan, total terdapat 24 peserta yang mengikuti kursus lisensi C AFC. Khusus untuk eks pemain Timnas Indonesia, dirinya menjelaskan ada sedikit keistimewaan.

''Untuk pemain yang pernah memperkuat Timnas memang ada semacam perlakuan khusus. Yakni langsung diperbolehkan ambil kursus lisensi pelatih C AFC. Padahal idealnya syarat minimal seperti mengantongi lisensi D Nasional dan pernah memegang sebuah klub sepak bola,'' kata Herwin di Kantor Asprov PSSI DIY.

Asprov PSSI DIY selaku tuan rumah mendapatkan jatah cukup banyak. Dari 24 kuota peserta, 21 diantaranya masuk berdasar rekomendasi Asprov PSSI DIY. Sementara sisanya sebagai jatah langsung PSSI yakni untuk mantan pemain Persebaya Surabaya Anang Ma’ruf dan dua orang dari Diklat sepak bola/PPLP Salatiga yakni Andreas Kristyanto dan Andreas Tri Widadgo.

Selain itu dua pelatih yang pernah masuk tim pelatih PSS Sleman juga masuk sebagai peserta seperti Lafran Pribadi dan Edi Subroto serta mantan kapten PSS, Anang Hadi Saputra. Serta pelatih Persipur Purwodadi, Wahyu Teguh Wibowo dan Ananto Nurhani (PSIM Yogyakarta).

''Yang menjadi mentornya adalah mantan pelatih Persib Bandung, Emral Abus. Semantara Sutan Harhara dan Bambang Nurdiansyah sebagai instrukturnya,'' ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Asprov PSSI DIY, Dwi Irianto, memastikan pihaknya sudah siap menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan kursus pelatih lisensi C AFC itu. Segala persiapan terus dilakukan karena materi pelatihan dilakukan di dalam dan luar ruangan.

''Awalnya digelar 4 Desember ini, tapi mundur jadi 18 Desember karena menunggu kesiapan para instruktur dan mentor dari AFC,'' tukas pria yang juga anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI itu.