Sukses


Cerita Pelatih Kiper Sementara Arema dan Video Manuel Neuer

Bola.com, Malang - Arema FC menggunakan jasa pelatih kiper sementara, Anis Syah, sejak awal pekan lalu. Anis mendapat tugas tersebut karena pelatih kiper utama, Yanuar "Begal" Hermansyah sedang berada di Tenggarong, Kalimantan Timur, untuk menjalani kursus kepelatihan C AFC hingga 16 Desember 2017.

Alhasil, tiga kiper tim senior, yaitu Utam Rusdiana, Joko Ribowo dan Andreas Fransisco, kini berlatih dengan pengawasan Anis. 

"Tentu ada perbedaan melatih kiper tim senior. Saya harus lebih banyak berkeringat. Karena intensitas latihannya lebih cepat," jelas Anis kepada Bola.com, Senin (11/12/2017). 

Anis mengatakan program latih disesuaikan dengan instruksi dari pelatih kepadan. Menurut dia, latihan untuk kiper harus sejalan dengan keinginan strategi pelatih kepala. Jadi, Anis selalu berkomunikasi dengan Joko 'Getuk' Susilo.

"Kalau sedang latihan menyerang dari bawah, kiper harus dapat membagi bola," jelasnya.

Saat ini, Arema coba melibatkan kiper sebagai libero. Pelatih kepala Singo Edan mengacu pada karakter bermain kiper timnas Jerman dan Bayern Munchen, Manuel Neuer. Dalam beberapa kali diskusi dengan tim pelatih, video aksi Neuer selalu jadi percontohan.  Arema ingin kipernya juga punya kecerdasan tinggi.

Terkait tiga kiper yang sedang dilatihnya, Anis melihat Joko Ribowo punya peluang jadi penjaga gawang utama Arema pada musim depan. Pengalaman Joko memang lebih banyak dibandingkan dengan Utam Rusdiana dan Andreas (kiper dari Arema U-19).

"Secara postur, Utam memang yang paling tinggi. Tapi Joko punya badan lebih berisi. Dia juga punya pengalaman lebih banyak," tegas Anis.

Anis juga sudah mengenal Joko Ribowo sejak masih di Persema Malang pada musim 2013. Waktu itu, Joko merupakan kiper muda di Persema. Adapun Anis berstatus pelatih kiper di tim junior.

Selain tiga kiper yang sudah ada, Arema masih memiliki rencana mendatangkan satu penjaga gawang lagi. Kiper yang diicar kemungkinan dari timnas U-22, Kurniawan Kartika Aji. Sang kiper kemungkinan bersedia pindah ke Arema FC karena klubnya, Persiba Balikpapan, sudah terdegradasi.

Video Populer

Foto Populer