Sukses


    Di Asian Games 2018, PSSI Ubah Target Timnas Indonesia

    Jakarta - PSSI sempat menargetkan timnas Indonesia lolos ke semifinal cabang sepak bola Asian Games 2018 dengan pertimbangan Indonesia sebagai tuan rumah.

    PSSI menargetkan itu untuk memperbaiki pencapaian Indonesia di Asian Games sebelumnya. Pada kompetisi sebelumnya di Incheon, timnas Indonesia kalah di babak 16 besar Asian Games. Saat itu Indonesia tumbang 1-4 dari Korea Utara.

    Seiring berjalannya waktu, target itu berubah. Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, mengatakan, menembus empat besar dengan kondisi sepak bola Indonesia yang baru lepas sanksi FIFA sulit terwujud.

    "Kemenpora sudah tanya target realistis PSSI. Pemerintah (dalam hal ini Kemenpora) menargetkan empat besar, dua pekan lalu, kami dipanggil untuk membahas hal-hal penting," katanya di Makostrad, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

    "Melihat komposisi dan kita baru bangkit 2016 (terlepas dari sanksi FIFA), PSSI hanya menargetkan minimal top 10. Sepuluh besar itu artinya bisa di posisi empat, lima, hingga 10," ujar Tisha.

    Tisha melanjutkan, salah satu yang paling menjadi sorotan mengenai target di Asian Games adalah sinkronisasi jadwal klub dengan timnas Indonesia. Tanpa adanya bentrokan jadwal latihan dengan pihak klub, persiapan bisa berjalan bagus.

    "PSSI mengadakan pertemuan dadakan ini untuk membahas Asian Games, persiapan utamanya performa, agenda timnas direncanakan dengan baik. Kami harus sinkronisasi jadwal klub dengan timnas," ujar Tisha.

    2 dari 2 halaman

    Indonesia di Asian Games

    Capaian terbaik timnas di Asian Games adalah merebut perunggu. Indonesia mencapainya pada edisi 1958 di Jepang.

    Uniknya, ketika menjadi tuan rumah pada 1962, Indonesia justru mencatat prestasi terburuk dengan terhenti sejak babak grup. Pada partisipasi lain (1951, 1954, 1966, 1970, 1986), timnas sukses masuk putaran selanjutnya.

    Timnas Indonesia usai pertandingan kontra Kirgisztan di ajang Aceh World Solidarity Tsunami Cup (AWSTC) 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (6/12/2017). (Bola.com/Eko Deni Sahputra)

    Video Populer

    Foto Populer