Sukses


Tahun Depan, Timnas Indonesia U-19 TC Bareng dengan U-23

Jakarta Di tahun 2018 nanti, Timnas Indonesia di semua jenjang rencananya akan mengikuti pemusatan latihan (TC) lagi. Pasalnya timnas U-16, U-19, dan U-23 sama-sama punya agenda penting.

Ketimbang tiga jenjang itu, agenda Timnas Indonesia U-23 jelas yang paling vital. Itu karena mereka bakal tampil di Asian Games 2018 di mana Indonesia tampil sebagai tuan rumah. Di sana pula Timnas U-23 ditargetkan menembus semifinal.

Untuk mencapai target tersebut, persiapan yang dilakukan tim asuhan Luis Milla tentu harus sangat matang. Bahkan, tim kepelatihan dan PSSI sudah menyiapkan program pemusatan latihan (TC) yang digelar setiap akhir bulan pada 2018.

Para pemain akan berkompetisi bersama klub selama tiga pekan, lalu di akhir bulan akan bergabung dengan TC. Hal itu sudah masuk dalam program dan akan terus dilakukan hingga Asian Games. Nantinya, agenda TC tersebut juga bakal berbarengan dengan TC Timnas U-19.

"Program Timnas Indonesia U-19 menuju AFC U-19 itu akan kami gabungkan dengan U-23. Karena itu program kepelatihan yang berkesinambungan, baik TC-nya maupun techinal evaluasinya itu akan dibawah kontrol Luis Milla, Bima Sakti sebagai penggawa terdepan untuk U-19," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

 

2 dari 2 halaman

Dipimpin Bima Sakti

Bima Sakti (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Untuk Timnas U-19, mereka memang sudah harus dipersiapkan menuju putaran final Piala Asia U-19 2018 yang dihelat pada 18 Oktober-4 November 2017. Kebetulan, Timnas U-19 kini juga sudah ditangani Bima Sakti yang notabene asisten pelatih Timnas U-23.

Tak hanya program dan waktunya, tempatnya pun akan digelar di tempat TC Timnas U-23. "Dan kami akan gabungkan mereka untuk pola latihannya. Jadi jadwal latihannya itu mengikuti seniornya. Jadi setiap akhir bulan dan satu tempat. Ada mungkin beberapa yang tidak dipanggil setiap bulan. Cuma setiap mereka dipanggil pasti beririsan dengan U-23," jelas Tisha.

Timnas U-19 sendiri dipastikan melaju ke putaran final Piala AFC U-19 2018 karena statusnya sebagai tuan rumah. Dalam turnamen ini, tim Garuda Nusantara ditargetkan menembus semifinal. Itu demi menyegel tiket putaran final Piala Dunia U-20 2019.

Video Populer

Foto Populer