Sukses


Keistimewaan Fatkhullo Fatkhulloev di Mata Aji Santoso

Bola.com, Lamongan - Fatkhullo Fatkhulloev, pemain Timnas Tajiskitan, punya keistimewaan ketimbang pemain asing lain yang datang ke Persela Lamongan. Ia digaet tanpa melalui seleksi atau masa trial. Padahal, sebelumnya sudah ada empat pemain asing yang merapat ke Persela.

Empat pemain impor itu adalah Zohib Islam Amiri (Afghanistan), Kim Dong-hyeon (Korea Selatan), Andre Fransisco Williams Rocha da Silva (Brasil), dan Mohamed Amine El Bakkali (Maroko).

Semuanya harus melewati seleksi terlebih dahulu sebelum bergabung. Namun, Amir dan Andre telah pulang, sementara Amine masih terus dilihat kemampuannya, serta Dong-hyeon masih belum diputuskan nasibnya.

Pelatih Persela, Aji Santoso, mengungkap alasan mengapa langsung merekomendasikan manajemen Persela untuk menyodorkan kontrak kepada Fatkhullo. Berbagai prestasi yang dicatatkan pemain yang akrab disapa Fatik itulah yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

"Dia kan punya status sebagai pemain terbaik di Tajikistan musim 2017. Prestasinya juga bagus bersama klub sebelumnya. Lalu saya lihat videonya, ternyata penampilannya juga bagus. Makanya kami tidak ragu untuk memberikan kontrak," kata Aji kepada Bola.com, Minggu (31/12/2017).

Hal berbeda dialami beberapa pemain asing sebelumnya. Mereka kurang memiliki reputasi bagus untuk bisa membuat Persela langsung menyodorkan kontrak.

"Bahkan, beberapa pemain memang melamar kepada Persela. Nah, kalau melamar ceritanya berbeda. Dia harus menjalani seleksi supaya kami tahu kemampuannya seperti apa," imbuh pelatih asal Malang itu.

Fatik memang punya catatan yang dinilai mengagumkan selama berkarier sebagai pesepak bola profesional. Di negara asalnya, mencapai prestasi gemilang bersama Istiklol. Di klub tersebut, pemain 27 tahun itu telah memenangi enam gelar Tajik League, kompetisi kasta tertinggi Tajikistan.

Masing-masing diraih pada 2010, 2011, 2014, 2015, 2016, dan 2017. Ia juga pernah meraih gelar sebagai gelandang terbaik di Tajik League pada 2009, 2011, dan 2014. Terakhir, dia keluar sebagai pemain terbaik musim 2017.

Selain itu, dia juga tampil secara reguler bersama Timnas Tajikistan. Total, dia mencatat 63 caps dan menyumbang sembilan gol untuk The Persians Lion, julukan Timnas Tajikistan. Fatik pun tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Timnas Tajikistan.

Video Populer

Foto Populer