Sukses


Persija Realistis Soal Target di Musim 2018

Persija Jakarta adalah salah satu tim kejutan di Liga 1 2017. Meski tak dihuni skuat berlabel bintang, Macan Kemayoran mampu melampaui ekspektasi dengan finis di urutan keempat.

Awalnya, Persija adalah tim yang sempat menyentuh papan bawah klasemen. Pasalnya, tim besutan Stefano 'Teco' Cugurra itu memiliki rapor buruk pada enam laga awal musim. Mereka hanya meraih satu kemenangan dari enam laga.

Rapor Persija mulai membaik setelah memasuki periode Juni. Dimulai dengan membungkam Arema FC 2-0, mereka sempat melewati 12 laga tanpa kekalahan. Ditambah performa gemilang Andritany Ardhiyasa sebagai kiper, Persija pun menjadi tim yang sulit dikalahkan.

Salah satu kunci kesuksesan mereka adalah pertahanan solid. Itu mengapa Persija menjadi tim dengan pertahanan terbaik, yakni hanya kebobolan 24 gol. Alhasil, Persija pun mampu melewati target yang ditetapkan manajemen di awal musim, yakni finis di urutan ketujuh.

"Target kami di Liga 1 2018 adalah finis di urutan kelima, keempat atau ketiga. Saya belum bisa bicara banyak karena tim belum lengkap. Kami belum memiliki 30 pemain. Masih ada U-23 yang diseleksi, masih ada pemain asing yang belum datang. Jadi, kita belum bisa bicara soal juara," kata Teco di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

 

2 dari 2 halaman

Rombak Skuat

Ryuji Utomo tak akan membela Persija Jakarta di musim 2018 usai hengkang ke Liga Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Persija sendiri adalah tim yang mengalami perombakan cukup besar usai Liga 1 2017 berakhir. Pemain-pemain seperti Ryuji Utomo, Willian Pacheco, Arthur Irawan, Sutanto Tan, Amarzukih, Irfandy Zein, Muhammad Hargianto, dan Ambrial Umanailo dilepas.

Sebagai gantinya, mereka juga banyak merekrut pemain baru. Mulai dari Jaimerson Xavier, Marko Simic, Marco Kabiay, Valentino Telaubun, Ahmad Syaifullah, Arthur Bonai, Riko Simanjuntak, hingga Septinus Alua.

"Seperti yang saya bilang, tim ini belum lengkap. Saat saya sudah melihat mereka semua latihan, saya akan bilang skuat ini bagus. Tapi saya tahu manajemen sudah bekerja keras untuk melengkapi tim ini," jelas Teco.

Persija sendiri akan mematangkan persiapan dengan melakoni beberapa turnamen pramusim. Terdekat adalah ajang Suramadu Super Cup 2018 yang melibatkan Madura United, Persela Lamongan, dan Kedah FA. Setelah itu, mereka juga akan melakoni sebuah turnamen di Malaysia.

Video Populer

Foto Populer