Sukses


Pelatih PSM Akui Susah Cari Pengganti Ferdinand dan Hamka Hamzah

Bola.com, Denpasar - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, mengakui tidak mudah bagi tim asuhannya mencari pengganti Ferdinand Sinaga dan Hamka Hamzah, dua pemain senior yang hengkang saat tim Juku Eja memulai persiapan jelang kompetisi musim 2018.

"Rata-rata pemain yang sepadan dengan mereka sudah memiliki klub," ujar Robert seusai memimpin latihan timnya di Lapangan Samudera, Seminyak, Minggu (7/1/2018).

Ferdinand adalah top scorer PSM di Liga 1 2017 sedangkan Hamka adalah kapten Juku Eja yang duetnya bersama Steven Paulle, termasuk terbaik di Indonesia.

Meski begitu, Robert menegaskan dirinya tidak ingin larut dengan kenyataan itu. "Bagi saya, pemain datang atau pergi adalah hal biasa dalam sepak bola," ujarnya.

Mantan pelatih Arema Indonesia ini memahami alasan kedua pemain pilarnya ketika meninggalkan PSM. "Beginilah sepak bola profesional. Ada yang yang pergi karena mendapat tawaran kontrak lebik baik. Ada juga karena ingin mendapatkan kesempatan bermain. Sekali lagi inilah sepak bola profesional," ucapnya.

Robert justru mengaku sedih menerima keputusan Nurhidayat, bek muda yang memilih menerima pinangan Bhayangkara FC. "Dia adalah aset dan masa depan PSM," tegas Robert.

Di sisi lain, Robert mengungkapkan dirinya belum bisa memutuskan status pemain seleksi PSM. Mereka adalah Elthon Maran (eks PSMS Medan), Riyandi (eks Persegres), M. Rais (eks Kalteng Putra), Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (eks Bhayangkara FC), dan Ahmad Hari (eks PON Sulsel).

"Terlalu dini untuk memutuskan saat ini. Saya akan memberi kesempatan ke mereka unjuk kemampuan dalam sebuah game," kata Robert.

 

Video Populer

Foto Populer