Persebaya Tertarik Datangkan Eks Striker Liverpool

Oleh Aditya Wany pada 10 Jan 2018, 08:45 WIB
David N’Gog

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya baru mendatangkan satu pemain asing di bursa transfer menjelang Liga 1 2018. Sejauh ini, klub Bajul Ijo hanya memiliki Otavio Dutra di slot pemain impor. Nah, kali ini kejutan dalam bursa transfer pemain muncul dari Persebaya.

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah, menyetukan klubnya telah ditawari eks pemain Liverpool. Dia adalah striker asal Prancis, David N'Gog.

"Ada agen pemain menawari kami mantan pemain Liverpool. Namanya N'Gog, agennya sudah sempat mengubungi kami. Harganya sangat menarik," kata Chairul Basalamah, yang akrab disapa Abud itu.

Agen pemain tersebut sempat menyebutkan N’Gog bisa didatangkan terlebih dulu agar tim pelatih Persebaya bisa melihat kemampuannya. Hanya, sejauh ini belum ada kepastian kapan striker 28 tahun itu akan tiba di Surabaya.

"Agennya bilang N'Gog mau kalau ke Persebaya. Katanya, boleh kalau mau didatangkan dan dilihat dulu. Bukan trial, tapi mencoba dulu latihan di sini. Agennya pun bilang akan mempersiapkan semuanya," imbuh pria 37 tahun itu.

Sejauh ini Persebaya memang masih belum memastikan akan mengambil tawaran tersebut atau tidak. Namun, jika melihat kebutuhan tim, bukan tidak mungkin klub yang berdiri pada 1927 itu mendatangkan N'Gog.

Sebab, mereka baru memiliki dua striker, yaitu Rishadi Fauzdi dan Ricky Kayame. Dengan hadirnya N'Gog, tentu akan menambah kekuatan di lini depan.

"Ada beberapa pertimbangan untuk memutuskan pemain ini. Nanti perlu diobrolkan juga dengan pelatih seperti apa. Kalau tempatnya (posisi) sudah banyak, ya mungkin belum bisa. Kami sesuaikan dengan kebutuhan tim saja," lanjut Abud.

Bagi Persebaya, niat mendatangkan N'Gog tampaknya akan lebih mudah. Berdasarkan Transfermarkt, pemain setinggi 190 cm itu kini telah berstatus free transfer alias tanpa klub. Terakhir, dia bermain untuk Panionios, klub kasta tertinggi liga Yunani.

Pengalaman N'Gog

David N'Gog cukup malang melintang sebagai pesepak bola di Eropa. Dia merupakan pemain didikan akademi PSG. Di klub tersebut juga dia menjalani debut profesional pada 2006.

Pada 2008, dia hijrah ke Liverpool di bawah asuhan Rafael Benitez. Bersama The Reds, dia membukukan 63 penampilan dan hanya mencetak sembilan gol saja. Dia hanya tiga musim di Liverpool dan kemudian pindah ke klub pada 2011.

Tahun tersebut merupakan awal dari kisah kurang menyenangkan dalam karier sepak bola N'Gog. Dia lantas pindah ke Bolton Wanderers, yang juga berkompetisi di Premier League pada 2011. Bolton finis di peringkat 18 musim 2011-2012 hingga terdegradasi ke Divisi Championship.

Meski turun kasta, N'Gog tidak pindah dari Bolton. Dia tetap di sana sampai tahun 2014. Pada bursa transfer musim dingin 2013-2014, dia bergabung dengan Swansea City yang berkompetisi di Premier League. Dia pun hanya setengah musim di klub asal Wales itu.

Pada awal musim 2014-2015, N'Gog kemudian kembali berganti klub dengan pulang kampung ke negara asalnya. Kali ini, dia berseragam Stade de Reims, klub Ligue 1 Prancis.

Dua musim di klub tersebut, dia lagi-lagi membukukan catatan pahit. Reims hanya finis di peringkat 18 klasemen akhir Ligue 1 2015-2016 sehingga harus berkompetisi di Ligue 2 musim berikutnya.

Sejak musim 2016-2017, dia berseragam Panionios. Di sana, tidak ada catatan istimewa yang dibuat N'Gog karena hanya mencetak tiga gol dari 16 pertandingan di semua kompetisi.

T EnamempatT Enamempat

persebaya harus menang di piala persiden ini..

T EnamempatT Enamempat

persebaya optimis harus menang..