Sukses


    Kemenpora Ingin Indonesia Masuk 10 Besar di Asian Games 2018

    Jakarta - Indonesia menargetkan masuk 10 besar di ajang Asian Games 2018 mendatang. Demikian diutarakan Menpora Imam Nahrawai saat rapat koordinasi di Kantor Kemenpora, Jumat (12/1).

    "Target kami harapkan bisa 10 besar tetapi dari cabor (cabang olahraga) mana,nomor event mana, paling cepat bulan Juni akan kami sampaikan," ujar Imam.

    Imam beralasan, dirinya enggan mengumumkan detail cabor mana yang dibebankan medali karena tak ingin mengganggu psikologis atlet cabor tersebut menjelang mengikuti Asian Games 2018. Ketimbang memberi beban psikologis, Imam mengaku akan lebih baik mengurusi soal non teknis yang belum diselesaikan.

    "Lebih-lebih soal atlet ada soal non teknis yang harus disupport. Misalnya soal psikologis, kesehatan,cedera dan sebagainya," kata Imam.

    Misi 10 besar di Asian Games diyakini bukan hal yang mudah untuk dicapai. Apalagi melihat prestasi Indonesia di SEA Games Malaysia lalu dimana perolehan medali sangat rendah sepanjang sejarah.

    2 dari 3 halaman

    Evaluasi

    Menpora Imam Nahrawi (kanan) berbincang dengan Ketua KOI Erick Tohir (kiri) saat rapat koordinasi Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (12/1). Rapat ini beragenda penyatuan visi menuju prestasi Asian Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

    Di tempat yang sama, Deputi IV Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi, Mulyana mengatakan, pihak Kemenpora bakal terus mengevaluasi persiapan cabor-cabor untuk Asian Games. Ada beberapa poin yang menjadi penilaian pihak Kemenpora terhadap perkembangan atlet dari cabor-cabor tersebut.

    "Misalnya, peningkatan dari segi fisik, VO2 Maxnya meningkat atau tidak, keterampilannya meningkat atau tidak. Itulah bagian dari evaluasi," ujar Mulyana.

    3 dari 3 halaman

    Prioritaskan Cabor Peraih Medali

    Di sisi lain, terkait anggaran, Mulyana mengatakan pihak Kemenpora bakal memprioritaskan bantuan dana untuk cabor yang diprediksi bakal meraih medali di Asian Games. Bantuan tersebut berasal dari dana internal Kemenpora yang dioptimalkan.

    "Number of event medali yang akan kita prioritaskan. Itu yang akan menjadi fokus kami. Misalkan di taekwondo, itu ada pomsae. Di karate juga kami tambah," kata Mulyana mengakhiri.

    Video Populer

    Foto Populer