Panpel Pastikan Stadion GBLA Jadi Venue Pembukaan Piala Presiden

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Jan 2018, 23:30 WIB
Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Bola.com, Jakarta - Kesimpangsiuran pembukaan Piala Presiden 2018 akhirnya terjawab. Ketua Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2018, Berlington Siahaan, memastikan pihaknya sudah mengantongi izin untuk menggelar acara pembukaan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat.

Piala Presiden 2018 menjadi edisi ketiga sepanjang penyelenggaraan. Pada edisi tahun ini, total 20 klub yang terdiri dari 18 klub Liga 1 dan dua klub Liga 2 akan bersaing meraih gelar juara turnamen pramusim tersebut.

Seremoni pembukaan bakal berlangsung pada Selasa (16/1/2018). Selain menjadi venue upacara pembukaan, Stadion GBLA juga bakal menggelar pertandingan Grup A yang terdiri dari Persib Bandung, PSM Makassar, PSMS Medan, dan Sriwijaya FC.

Berlington menjamin segala persiapan untuk pembukaan Piala Presiden 2018 tanpa kendala. Pihaknya juga mendapatkan jaminan keamanan untuk menggelar upacara pembukaan di Stadion GBLA karena rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Masalah perizinan GBLA, dari awal kami sudah meminta ke pihak-pihak yang terkait untuk tempat pembukaan ini, sampai saat ini semua berjalan dengan baik. Artinya, pembukaan tetap di Bandung tanggal 16 Januari, dan penutupan di SUGBK pada 17 Februari. Baik dari segi keamanan maupun yang lain, kami sudah mendapatkan izin untuk pembukaan," kata Berlington dalam konferensi pers yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Sebelumnya, beredar wacana soal batalnya penggunaan Stadion GBLA untuk menggelar event pembukaan Piala Presiden 2018. Sebab, stadion berkapasitas 38 ribu orang itu sedang bersolek untuk menyambut Asian Games 2018.

Meski demikian, anggota OC, Risha Adi Widjaya, mengaku belum mendapatkan informasi lanjutan perihal penggunaan Stadion GBLA untuk pertandingan setelah fase penyisihan grup. Hal tersebut nantinya akan menjadi tanggung jawab Persib Bandung andai mereka mampu lolos ke babak selanjutnya.

"Kami sudah ada surat izin dari Dispora soal rencana penggunaan Stadion GBLA untuk upacara pembukaan dan penyisihan Grup A, jadi itu secara resmi telah kami terima," ucap Risha.

"Namun, untuk pertandingan selanjutnya belum kami tanyakan lebih lanjut. Kalau itu tanyakan ke Persib (selaku panitia lokal), karena mereka yang bertanggung jawab untuk pelaksanaan pertandingan," ujar Risha.

Setelah fase grup, nantinya akan dilakukan undian untuk perempat final yang akan digelar di satu tempat. Adapun format untuk pertandingan semifinal bakal kandang tandang. Sementara pertandingan final Piala Presiden 2018 bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 17 Februari 2018.