Eks Gelandang Timnas Malaysia Ingin Bermain di Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 13 Jan 2018, 11:22 WIB
Kedah FA

Bola.com, Bangkalan - Suramadu Super Cup (SSC) yang diikuti oleh Kedah FA menyisakan satu memori indah bagi salah satu pemainnya, Baddrol Bakhtiar. Dia merasa takjub dengan permainan sepak bola di Indonesia. 

Pemain Timnas Malaysia itu sangat terkesan dengan permainan cepat yang kerap diperagakan oleh klub-klub Indonesia. Itu dia rasakan sendiri saat melawan Persija Jakarta, Persela Lamongan, dan Madura United. 

“Permainan mereka sangat cepat dan kuat. Saya lihat Liga 1 juga menunjukkan kualitas yang sangat baik. Kalau diberi tawaran, saya akan bermain di Indonesia. Karena saya ingin mencari pengalaman di sini,” kata Baddrol. 

Selain terkesan dengan gaya permainan, Baddrol juga antusias melihat suporter Indonesia yang kerap menunjukkan aksi unik. Mereka tidak pernah berhenti menyanyi dan menggunakan alat musik untuk mendukung timnya. 

“Suporter Indonesia sangat rukun dan baik kepada lawan. Mereka menampilkan atraksi yang indah. Menurut saya menarik untuk diikuti. Tapi, saya pikir ada kemiripan budaya sepak bola dengan Malaysia,” imbuh pemain yang berstatus sebagai wakil kapten Kedah FA tersebut.

Baddrol mengaku cukup mengamati hubungan sepak bola antara Malaysia dan Indonesia. Terlebih, beberapa tahun terakhir ada pemain Indonesia yang merumput di Malaysia Super League. 

Sebut saja Andik Vermansah yang baru mengakhiri kontrak bersama Selangor FA pada 2017 lalu. Dia sudah bergabung bersama Gergasi Merah sejah 2013. Kiprah Andik kini pun telah diteruskan oleh Evan Dimas dan Ilham Udin yang mulai bergabung pada musim ini. 

“Bagi mereka (Evan dan Ilham) telah membuat suatu keputusan yang tepat. Sebab, mereka dapat memberikan pengalaman yang begitu luas kepada pemain Malaysia. Serta, kami dapat persaingan yang begitu sengit,” ujar gelandang 29 tahun itu. 

Jika merumput di Indonesia, Baddrol akan meneruskan kiprah yang telah dilakukan oleh Safee Sali. Striker asal Malaysia itu merupakan terakhir yang merumput di Indonesia. Dia membela Pelita Jaya saat kompetisi masih bernama Indonesia Super League pada 2011-2012. 

Selama ini, Baddrol belum pernah membela klub selain Kedah FA. Dia telah berada di klub berjulukan Helang Merah itu sejak 2005. Bergabung dengan klub Indonesia tentu akan menjadi pengalaman baru buatnya.