Arema Akui Uji Coba Pramusim 2018 Berisiko Tinggi

Oleh Iwan Setiawan pada 14 Jan 2018, 05:18 WIB
Purwaka Yudhi

Bola.com, Malang - Arema FC bakal melakoni ujicoba ketiga dalam masa pramusim besok (14/1/2018) sore di Stadion Gajayana Malang. Lawan yang dihadapi adalah Barito Putera. Sebelumnya, Dendi Santoso dkk. sudah dua kali beruji coba melawan PSIS Semarang.

Musim ini, program ujicoba Arema memang berbeda. Mereka langsung berlatih tanding dengan tim selevel. Karena dua tim yang dihadapi dari kasta tertinggi kompetisi Indonesia. Pada musim sebelumnya, lawan yang dihadapi adalah tim lokal seperti Persekam Metro FC atau klub internal PSSI Kota Malang.

Pelatih Arema FC, Joko ‘Getuk’ Susilo mengakui jika uji coba timnya musim ini berisiko tinggi. Sekali menelan kekalahan, gelombang protes dari suporter akan berdatangan. Terutama untuk posisi pelatih kepala.

“Uji coba tahun ini lawannya langsung berat. Sangat berisiko tinggi memang. Tapi harus kami jalani karena ini demi tim secara keseluruhan. Kami juga bisa langsung melakukan evaluasi terkait kekurangan tim,” jelas pelatih asal Cepu ini.

Tekanan paling tinggi sempat dirasakannya saat laga pertama melawan PSIS Semarang di Stadion Gajayana Malang. Waktu itu Arema tertinggal dua gol lebih dulu pada menit awal. Beruntung akhirnya Arema menang dengan skor 5-3.

“Sekarang risikonya juga tetap tinggi. Lawan Barito Putera meski uji coba, kalau sampai kalah bisa jadi masalah,” jelasnya.

Getuk tetap menyiapkan para pemain kunci untuk sewaktu-waktu diturunkan, meskipun dalam starting eleven dia akan mengacak beberapa pemain inti dan pelapis. 

Jika sampai timnya meraih hasil kurang memuaskan, Getuk siap menanggung risiko tersebut karena sejak awal dia sudah berjanji siap dievaluasi kapanpun. Manajemen memberikan waktu setengah musim dalam kompetisi resmi kepada Getuk. Jika prestasinya bagus, tentu kariernya akan berlanjut.

“Intinya saya sudah berani mengemban amanah jadi pelatih Arema. Jadi risiko apapun siap menanggung. Saya tidak setengah-setengah menangani tim ini. Saat ini sebenarnya masih dalam masa persiapan dan permainan tim belum sesuai harapan. Fitnah namanya kalau ada yang menyebut Arema sekarang sudah tampil bagus,” jelas dia.