Sukses


Prediksi Persib Vs Sriwijaya FC: Bentrok Veteran Liga Malaysia

Bola.com, Bandung - Persib Bandung akan menjamu Sriwijaya FC dalam laga perdana babak penyisihan grup A Piala Presiden 2017, Selasa (16/1/2018) sore di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Laga pembuka turnamen itu sekaligus menjadi ujian awal bagi pelatih Persib asal Argentina, Roberto Carlos Mario Gomez.

Gomez digaet Persib dari klub penguasa Liga Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Di klub tersebut ia bisa memboyong banyak pemain berkualitas karena anggaran belanja JDT amat berlimpah. Kini ia mencoba membangun reputasi baru di Maung Bandung.

Persib juga terhitung klub elite Tanah Air. Mereka tercatat dua kali mengoleksi gelar kompetisi kasta tertinggi edisi 1995-1996 dan 2014. Atep dkk. juga tercatat sebagai kampiun Piala Presiden edisi perdana pada tahun 2015 lalu.

Persib di laga pembuka nanti tanpa tiga pemain andalan: Victor Igbonefo, Febri Hariyadi, dan Henhen Herdiana. Ketiganya baru saja menjalani pelatnas bersama Timnas Indonesia. Febri dan Henhen bahkan masih ada di Jakarta mengikuti sesi latihan lanjutan pasca uji coba internasional melawan Islandia.

Meski demikian Gomez tidak ambil pusing karena pemain lainnya sudah cukup siap untuk pertarungan nanti.

"Pertandingan ini adalah turnamen yang penting di Indonesia. Kami berharap bisa mendapat hasil yang bagus dan memberi dampak bagus juga bagi tim karena kami punya banyak pemain baru," ujar Gomez di Hotel Grand Tjokro, Kota Bandung, Senin (15/1/2018).

Adapun tim Sriwijaya FC lanjut Gomez merupakan lawan yang bagus dan cukup kuat. "Ya, kami akan menghadapi lawan yang bagus dan saya pikir bagus juga untuk mengukur kekuatan kami," ucap Gomez.

Gomez menuturkan untuk lini belakang Maung Bandung nanti dala laga pembuka kemungkinan akan menduetkan Ahmad Jupriyanto dan Bojan Malisic. Jupe tipikal pemain serbabisa, ia juga beroperasi sebagai gelandang bertahan. Kehadirannya di lini belakang diyakini akan sangat membantu meredam agresivitas lini serang Laskar Wong Kito.

"Karena Piala Presiden merupakan turnamen pramusim saya harus berani mencoba segala opsi," ujar Gomez.

Bentrok ini akan sangat menarik karena Rahmad Darmawan, pelatih Sriwijaya FC juga berkarier di Malaysia. Ia menangani tim papan bawah Liga Super Malaysia, T-Team.

JDT yang diarsiteki Gomez selalu menang saat berjumpa klub Rahmad. "Akan tetapi momen itu tidak bisa disamakan karena situasinya berbeda. Saya baru membentuk tim dan sedang mencoba beradaptasi dengan budaya sepak bola yang berbeda. Sementara itu, Rahmad sudah berpengalaman menangani banyak tim di Indonesia," ujar Gomez.

Namun, Gomez memberi sinyal bahwa Persib Bandung tidak akan mengalah begitu saja. "Kami bermain di kandang dengan dukungan suporter. Semangat pemain akan berlipat ganda. Itu modal bagus mengarungi pertandingan perdana turnamen yang terasa berat," ucap pembesut asal Argentina itu.

Bagaimana dengan Sriwijaya FC?

2 dari 3 halaman

Uji Mental Pemain

Menghadapi Persib dalam laga pembuka Piala Presiden 2018, dinilai pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan menjadi momen krusial menguji mentalitas pemain sebelum mengarungi persaingan Liga 1 2018 nanti.

"Pertandingan nanti maknanya sangat penting untuk kami, bagaimana pemain belajar beradaptasi dengan situasi pertandingan sesungguhnya. Pemain akan merasakan tekanan dari tim lawan yang didukung suporter. Mereka juga berstaPertandingan nanti akan esok merasakan sesuatu yang pasti berbeda dan tentu akan sangat menguji mentalitas setiap pemain," ujar Rahmad di Hotel Grand Tjokro, Bandung, Senin (15/1/2018).

Tim Laskar Wong Kito datang ke Kota Kembang dengan kekuatan 29 pemain. Kesemuanya siap berlaga di lapangan

"Saya rasa sore nanti adalah pertandingan yang sangat baik untuk Sriwijaya FC dalam rangka menyiapkan tim untuk tampil di Liga 1. Saya sudah sampaikan dari awal bahwa turnamen Piala Presiden salah salah satu ajang untuk menguji kemampuan tim. Pertandingan yang kami jalani akan jadi medium bagus untuk mengasah kemampuan tim. Para pemain akan banyak belajar memenangkan sebanyak mungkin pertandingan," ujar RD.

Pelatih asal Rahmad punya jagoan baru, Makan Konate, yang paham betul cara bermain Persib, karena ia pernah membela Tim Pangeran Biru dua musim lalu. Hanya memang, gelandang serang asal Mali itu akan merasakan tekanan lebih besar dibanding pemain lain. Ia bakal jadi bulan-bulanan teror bobotoh.

 

SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) kini telah resmi dengan penampilan barunya. Peresmiannya bertepatan dengan laga Timnas Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1/2018) Banyak fasilitas baru yang dihadirkan di SUGBK. Salah satu di antaranya seperti kursi yang single seat dengan nomor. Hal ini berarti para suporter harus duduk sesuai dengan nomor, baris, dan zona yang telah tertera di karcis masing-masing. Selain itu, lampu 3.500 lux dihadirkan di dalam stadion. Lampu sekitar 640 LED dengan cahaya terangnya memanjakan suporter di dalam stadion dan masyarakat yang menyaksikan pertandingan di layar televisi. Semua itu tak lengkap rasanya bila tidak melihat SUGBK dari luar atau bahkan kejauhan. Kini, stadion yang telah berumur 55 tahun ini akan terlihat gemerlap dengan tata lampu merah dan putih yang menyala dan melingkari stadion di bagian luar. Mari kita jaga bersama! #SUGBK #StadionUtamaBungKarno #GeloraBungKarno #Stadion #Indonesia

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

"Konate sudah terbiasa menghadapi situasi itu. Saya percaya ia bisa menampilkan permainan terbaik," ujar Rahmad.

Konate bakal jadi kartu truf penting di skema bermain menyerang yang akan diracik Rahmad. Ia bakal didorong jadi bagian trisula lini depan bersama Esteban Viscarra dan Manucechr Dzalilov.

Kekuatan Persib dinilai RD tidak banyak berubah. Mereka bahkan dinilai makin kuat dengan kehadiran baru. "Ada beberapa pemain asing yang kualitasnya di atas rata-rata. Kombinasi mereka dengan sejumlah pemain muda akan sangat berbahaya bagi kami," ujar Rahmad Darmawan.

Pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2018 akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi Indosiar serta tayang secara live streaming di Bola.com, Vidio.com, dan Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Persib (4-1-4-1): M. Natshir (Kiper); Tony Sucipto, Ahmad Jupriyanto, Bojan Malisic, Supardi (Belakang); Michael Essien; Billy Keraf, Eka Ramdani, Oh In Kyun, Atep (Tengah); Ezechiel N'douassel (Depan)

Pelatih: Mario Gomez

Sriwijaya FC (4–3-3): Teja Paku Alam (Kiper); Alfin Tuasalamony, Mamadou Ndiaye, Bio Paulin, Novan Setya (Belakang); Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Adam Alis (Tengah); Makan Konate, Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov (Depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer