Sukses


Prediksi PSM Vs PSMS: Bentrok Klasik Eks Perserikatan

Bola.com, Bandung - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts menepis anggapan skuatnya tidak serius mengikuti Piala Presiden 2018. Juru taktik asal Belanda ini menegaskan Juku Eja tetap memburu kemenangan saat menghadapi PSMS Medan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Selasa (16/1/2018).

Aroma klasik terasa kental dalam laga ini. Kedua tim yang bertarung merupakan klub legendaris di era perserikatan.

"Kami memang menjadikan Piala Presiden sebagai ajang pramusim untuk mengukur kemampuan tim. Tapi, itu bukan berarti kami bakal tampil seadanya," ujar Robert.

Pelatih asal Belanda itu menambahkan, PSM bakal tampil dengan materi terbaik pada laga perdana. Tanpa dua pilar di Liga 1 2017, Hamka Hamzah dan Ferdinand Sinaga, Juku Eja diyakini tetap solid.

Sebagai pengganti Hamka, Robert bakal menduetkan Ardan Aras dengan Steven Paulle sebagai stopper.

Tim Ayam Jantan dari Timur pun punya opsi lain di posisi ini yakni Abdul Rahman yang baru direkrut dari Bali United.

Begitu pun di lini depan. Kedatangan Bruce Djite yang tahun lalu membela Suwon FC (Korea Selatan) akan mengisi slot striker starter PSM yang ditempat Ferdinand Sinaga musim lalu.

Selain Bruce, masih ada Guy Junior, penyerang yang musim lalu membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017.Dilain pihak, kembalinya Rasyid Bakri membuat lini tengah PSM semakin agresif.

Duet Rasyid dan Marck Klok yang bertindak sebagai jangkar menopang pergerakan Wiljan Pluim, playmaker Juku Eja. Dilini ini juga ada Rizky Pellu yang menjadi starter reguler pada putaran kedua Liga 1 2017.

Bagi Robert dan PSM, kemenangan atas PSMS Medan sangat vital. Apalagi bila dikaitkan dengan rencana Robert yang akan menurunkan pemain pelapis saat menantang Sriwijaya FC, Minggu (21/1/2018).

Langkah ini diambil oleh Robert karena Juku Eja akan menggelar PSM Supercup Asia di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, 19-21 Januari.

"Nanti setelah turnamen itu saya akan memutuskan materi mana yang akan menghadapi Persib Bandung (26/1/2018)," jelas Robert.

Pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2018 akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi Indosiar serta tayang secara live streaming di Bola.com, Vidio.com, dan Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Skuat Muda Ayam Kinantan

PSMS Medan siap tampil maksimal di laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2018 melawan PSM Makassar. 

Pelatih PSMS Medan, Djadjang Nurdjaman memastikan perolehan maksimal itu menjadi hal yang wajib dilakukan dengan tujuan untuk menjaga harga diri tim. 

"Saya merasa, kami tim yang paling tidak diunggulkan. Karena kita tahu Persib sebagai tuan rumah grup yang memiliki pelatih hebat dan komposisi pemain berkualitas. Lalu Sriwijaya FC memiliki pemain asing sampai enam. Dan PSM, tim impresif tahun lalu yang sekarang tidak banyak perubahan. Satu dua pemain masuk itupun berkualitas," ujar Djadjang dalam jumpa pers sebelum laga di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas Kota Bandung, Senin (15/1/2018).

 

SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) kini telah resmi dengan penampilan barunya. Peresmiannya bertepatan dengan laga Timnas Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1/2018) Banyak fasilitas baru yang dihadirkan di SUGBK. Salah satu di antaranya seperti kursi yang single seat dengan nomor. Hal ini berarti para suporter harus duduk sesuai dengan nomor, baris, dan zona yang telah tertera di karcis masing-masing. Selain itu, lampu 3.500 lux dihadirkan di dalam stadion. Lampu sekitar 640 LED dengan cahaya terangnya memanjakan suporter di dalam stadion dan masyarakat yang menyaksikan pertandingan di layar televisi. Semua itu tak lengkap rasanya bila tidak melihat SUGBK dari luar atau bahkan kejauhan. Kini, stadion yang telah berumur 55 tahun ini akan terlihat gemerlap dengan tata lampu merah dan putih yang menyala dan melingkari stadion di bagian luar. Mari kita jaga bersama! #SUGBK #StadionUtamaBungKarno #GeloraBungKarno #Stadion #Indonesia

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

Sementara timnya, dikatakan Djanur-sapaan akrabnya-merupakan tim yang baru promosi ke Liga 1 usai menjadi runnerup di Liga 2 musim 2017 lalu. 

"Mayoritas pemain muda. Bahkan pemain asing pun baru dua. Kami juga masih dalam persiapan," tuturnya.

Meski demikian, mantan nakhoda Persib Bandung ini takkan pantang menyerah. Dengan masa persiapan yang sudah dilakukan, diharapkan bisa memberikan hasil maksimal.

"Dalam menghadapi PSM bisa dikatakan kami tidak diunggulkan. Tapi dengan kekuatan yang ada kami akan main dengan perlawanan yang setimpal dengan semangat anak-anak muda Medan diharapkan bisa beri hasil yang terbaik," ujar Djadjang Nurdjaman merendah. 

Hal serupa diungkapkan kapten kesebelasan PSMS Medan, Legimin Raharjo. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang ini akan berusaha semaksimal mungkin menjaga nama baik PSMS Medan di Piala Presiden 2018.

"Benar kata coach kalau di grup ini mungkin kita bukan unggulan. Tapi sebagai pemain ingin menunjukkan PSMS ada, menjaga nama dan harga diri PSMS Medan," papar Legimin.

 

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (Kiper); Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Ardan Aras, Reva Adi (Belakang); Rasyid Bakri, Marck Klok, Wiljam Pluim (Tengah); Zulham Zamrun, Bruce Djite, M. Rahmat (Depan)

Pelatih: Robert Rene Alberts

PSMS Medan (4-1-3-2): Dhika (Kiper); Amarzukih, Reinaldi Lobo, M Roby, Jajang Sukmara (Belakang); Legimin Raharjo; Antoni Putro, David Mawutor, Frets Listanto (Tengah); Kisito Yessoh, Sadney Urikhob (Depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Video Populer

Foto Populer