Sukses


    5 Keunikan Fasilitas VVIP di Gelora Bung Karno

    Bola.com, Jakarta Laga pembukaan kembali Gelora Bung Karno antara Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/1/2018) tidak hanya menyajikan permukaan rumput yang baru dan tata lampu yang lebih terang. Kapasitas stadion terbesar di Indonesia itu menjelang Asian Games 2018 justru menurun menjadi hanya dapat menampung 80 ribu orang karena tempat duduk dan beberapa area dibuat lebih nyaman.

    Venue yang semula bisa menampung 110 ribu penonton itu kini tidak lagi menggunakan bangku-bangku panjang tapi seluruhnya tribunnya menggunakan single seat. Selain itu, kini terdapat beberapa area VVIP baru yang diberi nama Sky Box di level 2 dan 3 GBK.  

    Simak lima paparan tentang seputar fasilitas di bagian dalam Sky Box Gelora Bung Karno tersebut:

    2 dari 6 halaman

    1. Kenyamanan Ruangan Ber-AC dan Sofa Empuk

    Sky Box GBK memiliki ukuran yang bervariasi dan area yang didatangi Bola.com atas undangan dari partner PSSI, Mediapro Asia, besarnya 6 meter x 15 meter. Wilayah di level 3 Gelora Bung Karno ini terdiri dari sebuah ruang tamu yang dikelilingi tiga pelataran luar. 

    Dalam ruang tamu yang berpendingin AC tersebut terdapat sebuah sofa set empuk berkelir putih yang dapat diduduki 5-6 orang. Pembatas ruang utama di Sky Box ini dengan bagian luar yang menghadap ke lapangan adalah tiga panel kaca besar dan dua pintu kaca. 

    Bila kedua pintu tertutup, praktis tidak ada suara atmosfer stadion yang dapat masuk ke dalam ruangan. Pada saat area ini pertama kali dipakai, Mediapro Asia mengundang legenda Chelsea dan Barcelona asal Islandia, Eidur Gudjohnsen, sebagai tamu kehormatan.  

    3 dari 6 halaman

    2. Bagai Menonton dari Balkon Teras Rumah

    Pada bagian depan di luar ruang tamu Sky Box Gelora Bung Karno terdapat beberapa bangku lipat permanen yang juga menghadap langsung ke arah lapangan. Bila area ini diduduki penonton VVIP, garis pandang mereka yang berada di ruang tamu bagian dalam tidak akan terhalang, karena zona pelataran depan posisinya lebih rendah dibanding ruang kaca di belakangnya. 

    Sama seperti di pelataran ini, kedua zona outdoor yang mengapit Sky Box juga tidak kedap suara sehingga atmosfer dan keriuhan dari bagian lain stadion sangat terasa. Para penonton di sini bahkan bisa mengikuti gerakan mexican wave (gerakan duduk-berdiri simultan) yang melintas di tribun penonton bagian depan mereka.

    Jumlah total penonton yang seakan berada di teras balkon sebuah rumah itu maksimal sebanyak 20 orang. 

    4 dari 6 halaman

    3. Tersedia Minuman Dingin Gratis

    Sebagai fasilitas VVIP, Sky Box juga menawarkan makanan-minuman gratis untuk para tamu. Pada salah satu pojok ruangan utama terdapat kulkas yang berisi minuman ringan. 

    Layanan panganan gratis ini jelas menjadi privilese yang istimewa mengingat untuk penonton di wilayah lain stadion justru dilarang membawa makanan ringan dan air minum dalam kemasan guna menghindari terjadinya pelemparan ke arah lapangan.

    Selain minuman dingin, juga tersedia pilihan kopi dan teh panas siap saji dari beberapa dispenser di sudut lain Sky Box Gelora Bung Karno ini. 

    5 dari 6 halaman

    4. Memiliki Toilet Khusus yang Terawat

    Setiap Sky Box GBK memiliki satu toilet khusus yang bersih dan terawat. Fasilitas untuk mencuci tangan bahkan dilengkapi sensor otomatis yang langsung mengeluarkan air bila kita menjulurkan tangan.

    Sayangnya, karena masih berstatus soft opening kecepatan pengisian air dalam tangki untuk membilas kotoran dalam toilet sangat lambat dan pintu kamar mandi ini juga tidak bisa dikunci dari dalam. Guna memberikan layangan prima, masih banyak hal yang perlu mendapatkan sentuhan dari pihak pengelola GBK dan panitia Asian Games 2018 di Sky Box ini.   

     

    6 dari 6 halaman

    5. Sangat Dekat Area Pers

    Posisi Sky Box Gelora Bung Karno di level 3 berada sangat dekat dengan Media Box alias area kerja wartawan. Kelak pada Asian Games 2018 di bulan Agustus setiap meja insan pers dilengkapi papan informasi elektronik yang berisi data statistik dan grafis seputar event yang sedang berlangsung di lapangan dan lintasan lari GBK.

    Ya, GBK wajah baru ini di sepanjang Asian Games 2018 tidak akan menggelar laga sepak bola melainkan hanya digunakan untuk upacara pembukaan dan penutupan serta perlombaan nomor-nomor dari cabang atletik. Para tamu VVIP kelak juga akan disuguhi papan informasi elektronik yang sama di dalam setiap ruangan kaca Sky Box. 

    Tayangan ulang langsung dari kejadian menarik di lapangan dan lintasan lari akan bisa mereka dapatkan seperti yang dilihat para wartawan cetak dan elektronik yang menjadi "tetangga" mereka saat itu.

    Apakah kemudahan-kemudahan di kawasan VVIP Gelora Bung Karno ini membuat kamu ingin mencobanya? Fasilitas yang relatif sama dengan yang didapat para pejabat dan tamu negara di Royal Box panggung kehormatan GBK ini sayangnya belum diberi banderol dalam rupiah. Jadi sabar ya.   

     

    Video Populer

    Foto Populer