Sukses


Terpincut Indonesia, Pemain Turkmenistan Ini Seleksi di Perseru

Bola.com, Malang - Perseru Serui menjajal tiga pemain asing dengan status seleksi untuk Piala Presiden 2018. Satu di antaranya adalah bek asal Turkmenistan, Ata Geldiyev. Jika resmi dikontrak, dia akan jadi pemain asal Turkmenistan pertama yang bermain untuk tim berjulukan Cenderawasih Jingga.

Lantas apa yang membuat Ata Geldiyev tertarik menjalani seleksi di Perseru? Perlu diketahui, dia merupakan pemain Timnas Turkmenistan.

Ternyata, dia mengaku sudah jatuh hati pada Indonesia. Beberapa kali Ata pernah bermain dengan Timnas Turkmenistan melawan Indonesia. Tepatnya pada 2011 dan 2014.

"Saya pernah bersama Mekan Nasirov (pemain Turkmenistan) hendak gabung ke Semen Padang. Tapi, dia sana sudah penuh pemain asing. Selain ada Mekan, mereka mengontrak tiga pemain Brasil. Baru tahun ini akhirnya ke Indonesia. Saya lihat tentang Serui. Tempatnya indah sekali. Saya banyak melihat beberapa foto di internet," ungkapnya.

Namun, hingga saat ini dia belum pernah ke Serui karena dia bergabung dengan Perseru saat pemusatan latihan di Malang sejak pekan lalu.

Kini statusnya masih sebagai pemain seleksi dan akan dicoba dalam Piala Presiden 2018. "Sekarang saya memang belum dikontrak. Tapi, akan berusaha untuk mendapatkannya," imbuhnya.

Sebenarnya Ata belum mengetahui tentang perjalanan menuju Serui karena kota di Kepulauan Yapen Papua itu lokasinya cukup jauh. Jika ditempuh dari ibu kota Indonesia, Jakarta, bisa menggunakan empat kali penerbangan.

"Saya belum mengetahui tentang perjalanannya. Di Turkmenistan tidak menemui tempat seindah Serui karena di negara saya hanya ada satu laut," jelasnya.

Di sisi lain, peluang bagi Ata untuk dikontrak Perseru cukup besar karena pelatih Alexander Sanunu sempat mencobanya sebagai eksekutor bola mati. Selain punya postur jangkung, Ata juga punya tendangan akurat. Padahal, dia berposisi sebagai pemain belakang.

Sedangkan untuk adaptasi dengan pemain lain, dia terlihat ramah. Meski tidak semua pemain Perseru bisa menggunakan Bahasa Inggris, dia tetap berusaha untuk berkomunikasi.

Saat ini, di Indonesia hanya ada satu pemain asal Turkmenistan yang masih aktif bermain. Dia adalah Ahmet Atayev, yang sejak pertengahan musim lalu bermain di Arema FC.

Ahmet Atayev mengaku sudah bertemu dengan sahabatnya di Timnas Turkmenistan pada Senin (15/1/2018) lantaran Perseru menjalani latihan di kota yang jadi homebase Arema.

Video Populer

Foto Populer