Sukses


Prediksi Bhayangkara FC Vs PSIS: Mengetes Kualitas Pemain Anyar

Bola.com, Malang - Pertandingan pertama Grup E Piala Presiden 2018 di Stadion Gajayana, Malang, antara Bhayangkara FC melawan PSIS Semarang pada Sabtu (20/1/2018) mungkin tidak masuk dalam kategori big match. Karena dalam grup ini, tim unggulannya adalah Arema FC dan Bhayangkara FC.

Namun jangan memandang PSIS sebelah mata atau sebagai tim promosi. Karena tim berjulukan Mahesa Jenar itu berpotensi sebagai pembunuh raksasa.

Dalam ajang ujicoba pramusim pertengahan bulan Januari, mereka sempat mempermalukan Bali United yang notabene runner-up Liga 1 2017 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Bisa jadi Bhayangkara yang merupakan juara Liga 1 juga merasakan ketangguhan tim besutan Subangkit tersebut. Pelatih Bhayangkara, Simon McMenemy sendiri menyadari jika Tim Mahesa Jenar membuat heboh sepak bola nasional ketika mempermalukan Bali United.

Karena itu ia mencoba agar anak buahnya serius menatap laga ini. ”Tim yang naik ke Liga 1 sudah pasti kekuatannya setara. Buktinya mereka bisa mengalahkan Bali United. Kalau dari pandangan saya, PSIS memang tidak memiliki pemain yang sangat menonjol. Tapi mereka main dengan kesatuan tim atau teamwork. Sekarang mereka merasa akan melawan juara Liga 1, pasti pemain PSIS akan mengerahkan segala kemampuannya,” jelas mantan pelatih Timnas Filipina ini.

Karena itu, Bhayangkara FC harus bermain ekstra jika ingin mengamankan poin sempurna. Simon mengaku masih kesulitan untuk mengantisipasi kelebihan PSIS yang satu ini.

Nakhoda asal Skotlandia tersbeut berharap kepada Indra Kahfi dkk. untuk konsentrasi penuh sepanjang pertandingan. “Sekali lagi tidak akan mudah untuk memengani pertandingan itu,” jelasnya.

2 dari 3 halaman

Pengganti Sepadan

Ditanya tentang kekuatan baru Bhayangkara FC, pelatih Simon punya keyakinan starting eleven timnya lebih baik dibanding musim lalu.

Pemain-pemain baru yang bergabung ke tim, seperti: Vladimir Vujovic (Persib Bandung), Vendry Mofu (Semen Padang), Marinus Manewar (Persipura), dan Dzumafo Herman (PSPS Pakanbaru) kualitasnya dipandang lebih baik dibanding pemain-pemain yang pergi.

Bhayangkara yang berstatus jawara Liga 1 2017 kehilangan figur, Otavio Dutra, Evan Dimas, Ilham Udin Armayn dan Illija Spasojevic.

“Musim lalu Spaso baru masuk putaran kedua. Waktu itu Bhayangkara sudah masuk papan atas. Sedangkan Evan sering absen ikut aktivitas Timnas Indonesia SEA Games. Untuk Ilham, dia lebih bagus sebagai pemain pengganti. Jadi musim ini kami merasa lebih baik,” jelas ujar Simon McMenemy.

Sementara itu, PSIS Semarang merasa tidak silau dengan kekuatan dan status Bhayangkara FC sebagai juara Liga 1 musim lalu. Karena mental pemainnya sedang terangkat setelah berujicoba melawan tim Liga 1 seperti Arema FC dan Bali United.

“Pasti ada peningkatan dari sisi mental bermain. Mereka tidak tegang saat melawan tim dari Liga 1. Meskipun mayoritas pemain kami musim lalu tampil di Liga 2,” tegas pelatih PSIS, Subangkit.

Sebenarnya pasukan Mahesa Jenar saat ini masih menjalankan proses seleksi kepada beberapa pemain. Untuk pemain asing baru Petar Planic dan Ibrahim Conteh yang sudah dikontrak. Sedangkan Nemanja Vidakovic dan Reo Nakamura masih menjalani seleksi. Performa keduanya di Piala Presiden 2018 akan dipantau.

“Kami tidak akan paksakan mereka langsung masuk line-up. Bagi kami tidak masalah meski main dengan satu atau dua asing. Yang lebih penting, PSIS lebih senang jika diremehkan. Karena akan membuat pemain kami tampil lepas,” tegas mantan pelatih Persiwa Wamena dan Mitra Kukar ini.  

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-1-2 ): Fauzal Mubaraq (Kiper); Alsan Sanda, Vladimir Vujovic, Indra Kahfi, M. Fatchu Rohman (Belakang); Lee Yoo Joon, Hargianto Vendry Mofu; Paulo Sergio; Dzumafo Herman, Marinus Manewar  (Depan)

Pelatih: Simon McMenemy 

PSIS Semarang (4-4-2): Aji Bayu (Kiper); Gilang Ginarsa, Petar Planic, Haudi Abdillah, Frendy Syahputra (Belakang); Gustur Cahyo, Hafid Ibrahim, M. Yunus, Ibrahim Conteh (Tengah), Aldaier Makatindu, Nur Yulianto (Depan). 

Pelatih: Subangkit

Video Populer

Foto Populer