Piala Presiden: Ini 5 Pemain Kunci Persija Jakarta

Oleh Liputan6.com pada 12 Feb 2018, 22:04 WIB
FOTO: Unggul atas PSMS di Laga Pertama Semifinal, Persija Tatap Final PIala Presiden 2018

Jakarta PersijaJakarta berwajah baru pada turnamen Piala Presiden 2018. Setelah pada dua edisi Piala Presiden sebelumnya tampil melempem, kini Macan Kemayoran jadi tim yang menakutkan.

Tim asuhan Stefano Teco Cugurra ini melaju ke final Piala Presiden 2018. Kepastian Macan Kemayoran melaju ke final tak lain usai kandaskan PSMS Medan.

Persija menang dengan skor agregat 5-1 atas tim berjulukan Ayam Kinantan dalam laga dua leg. Dua pertemuan itu berlangsung di Stadion Manahan, Solo, karena Persija dan PSMS belum memiliki kandang.

Kesuksesan Persija berkat permainan tim yang semakin kompak. Namun, terdapat nama-nama pemain yang jadi aktor di balik kesuksesan Persija.

Beberapa pemain sejak awal turnamen tampil on-fire. Lantas, siapa saja bintang-bintang sukses Macan Kemayoran tembus final Piala Presiden 2018, berikut Liputan6.com sajikan daftarnya:

1 of 6

1. Marko Simic

FOTO: Aksi Marko Simic Cetak Tiga Gol, Tundukkan PSMS
Pemain depan Persija, Marko Simic saat laga pertama semifinal Piala Presiden 2018 melawan PSMS di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2). Marko Simic mencetak tiga gol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Super Simic, begitu julukannya memang jadi fenomena tersendiri pada gelaran kali ini. Bintang asal Kroasia tersebut tampil begitu menggigit sepanjang Piala Presiden 2018.

Bayangkan saja 9 dari 15 gol yang diciptakan Persija berasal dari eks pemain Melaka United tersebut. Dia juga mencatatkan hat-trick saat Persija gulung 4-1 PSMS pada semifinal leg pertama.

Kini, Simic sukses mengemas total 12 gol untuk Persija. Catatan yang begitu apik mengingat semuanya dicetak dalam laga pramusim.

 

2 of 6

2. Ismed Sofyan

Piala Presiden 2018 : Persija Jakarta Vs Mitra Kukar
Kapten Persija, Ismed Sofyan, saat pertandingan melawan Mitra Kukar pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Persija menang 3-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tua-tua keladi. Begitu ujar-ujar yang pantas disematkan kepada Ismed Sofyan. Peran sang kapten begitu terasa bersama Persija sepanjang gelaran ini.

Beralasan, sebab Ismed berhasil mengemas satu gol dan satu assist sejauh ini. Salah satu assist-nya terbilang indah, yakni kala mengirimkan umpan melengkung kepada Simic saat lawan PSMS dalam leg perdana.

Sudah berusia 38 tahun, aksinya di lapangan belum juga menurun. Padahal, posisinya sebagai bek kanan yang harus mobile naik-turun dalam mengikuti alur permainan Macan Kemayoran.

3 of 6

3. Rezaldi Hehanusa

Rezaldi Hehanusa
Bek Persija, Rezaldi Hehanusa, saat melawan Persegres pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (14/10/2017). Persija menang 5-0 atas Persegres. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Inilah bintang baru Persija yang jadi buah bibir dua tahun terakhir. Sempat dipandang sebelah mata oleh pelatih sebelumnya, Stefano Cugurra Teco sukses keluarkan potensi dalam diri Rezaldi.

Bule, sapaan akrabnya, juga turut menyumbangkan andil. Dia dua kali jadi kreator gol Persija dalam gelaran kali ini. Pertama, saat gol Simic ke gawang Mitra Kukar. Dia mengirimkan lemparan ke dalam yang diterima oleh Novri Setyawan dan dicocor oleh Simic.

Kemudian, dia terlibat langsung dengan mengemas assist dalam gol Jaimerson Da Silva saat lawan PSMS. Eksekusi tendangan bebasnya yang terukur sukses ditanduk oleh Jaimerson.

 

4 of 6

4. Rohit Chand

Legiun asing Persija Jakarta, Rohit Chand
Legiun asing Persija Jakarta, Rohit Chand (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Keputusan yang tepat buat Persija saat memanggil kembali Rohit Chand untuk musim depan. Sempat dicoret, pemain asal Nepal itu kembali direkrut oleh Macan Kemayoran.

Hal itu dibuktikan lewat penampilan apiknya sepanjang gelaran kali ini. Dia bak jantung di lini tengah Persija yang memainkan peran besar dalam mengalirkan bola.

Rohit memang tak mencetak gol, tapi aksinya di lini tengah sangat penting. Duetnya bersama Ramdani Lestaluhu serta Sandi Sute memberi warna buat Macan Kemayoran.

 

5 of 6

5. Andritany Ardhiyasa

Persija Menang Telak atas PS TNI
Kiper Persija, Andritany merayakan kemenangan atas PS TNI pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (30/9). Persija menang 4-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Andritany tak perlu diragukan lagi kualitasnya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Indonesia. Beberapa aksi penyelamatannya membuat Persija lolos sebagai finalis untuk pertama kali di ajang Piala Presiden.

Penampilan hebatnya tergambar pada semifinal leg kedua lawan PSMS. Bagol, sapaan akrabnya padahal terus digempur lini serang tim lawan. Tapi dia dengan cemerlang melakukan enam kali penyelamatan dalam laga itu.

Ada satu momen krusial kematangan Andritany. Menit 76, Frets Butuan mendapatkan umpan dari Sadney Urikhob berlari melewati bek Persija. Saat berhadapan satu lawan satu, Frets coba menggocek Andri. Namun, Bagol dengan pengalamannya dengan tenang mencuri bola dari kaki Frets.

(Eka Setiawan)

Lanjutkan Membaca ↓

Sumber: liputan6.com