Sukses


Prediksi PSMS Vs Sriwijaya FC: Rivalitas Duo Sumatera

Bola.com, Jakarta - PSMS Medan bakal terlibat bentrok melawan Sriwijaya FC dalam laga perebutan posisi ketiga Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (17/2/2018). Pertandingan ini bisa jadi acuan siapa tim Pulau Sumatera terbaik musim ini.

Setelah Semen Padang terdegradasi, praktis Sriwijaya FC jadi satu-satunya klub asal Sumatera yang tersisa, sebelum akhirnya PSMS promosi ke kasta utama.

Kedua tim sempat berjumpa di fase penyisihan Grup A Piala Presiden 2018. Saat itu Laskar Wong Kito menang 2-0.

Djadjang Nurdjaman, pelatih PSMS mengingat anak-asuhnya tetap menjaga keseriusan menyongsong duel kedua melawan Sriwijaya FC.

"Kami memang gagal lolos ke final, namun ini adalah langkah yang baik. PSMS tim yang baru promosi, kami dihuni pemain muda yang ternyata bisa bersaing di Piala Presiden. Lawan kami besok sudah mengalahkan kami di babak grup. Perkembangan mereka luar biasa, terutama saat menjajal Bali United di semifinal. Buat saya PSMS akan menghadapi tim yang kuat, tapi saya optimistis kami bisa melakukan revans."

Menghadapi Sriwijaya FC yang diperkuat banyak pemain yang kuat secara individu, Tim Ayam Kinantan bakal memeragakan permainan rap-rap yang menjadi ciri khas mereka sejak era perserikatan.

"Saya datang ke PSMS di tengah kompetisi Liga 2 2017. Saat itu banyak kekurangan. Sejak awal saya punya hasrat menginginkan PSMS memainkan sepak bola modern tapi tak menghilangkan ciri khas permainanya. Saya coba mengkombinasikan permainan cepat saat membangun serangan dengan tetap menjaga khas permainan keras ala Ayam Kinantan," ujar Djanur yang besar di kultur permainan sepak bola indah ala Persib Bandung.

Legimin Raharjo, pemain senior PSMS menyebut pertandingan melawan anak-asuh Rahmad Darmawan tidaklah mudah.

"Terus terang saja ini pertandingan berat bagi PSMS. Materi pemain mereka lebih unggul secara individu, apalagi kami pernah kalah. Tapi sebagai pemain saya akan berupaya maksimal. Kami akan bermain di SUGBK, tempat sakral sepak bola Indonesia. Semoga PSMS bisa mendapatkan hasil bagus dan bisa menang," ujar pemain berusia 33 tahun itu.

Djanur kemungkinan bakal menyimpan striker andalannya, Antoni Putro Nugroho.

"Harus diakui ia pemain pentig di tim kami. Saat berlaga di penyisihan dan perempat final Antoni main amat bagus. Namun, ia harus dirawat karena cedera. Sekarang Antoni masih menjalani fase pemulihan. Saya akan lihat kondisi terakhir. Jika memungkinkan akan saya turunkan, jika tidak saya tak akan memaksakan diri," ujar Djadjang Nurdjaman.

2 dari 4 halaman

Beban Rahmad Darmawan

Di sisi lain, Rahmad Darmawan, pelatih Sriwijaya FC memberi sinyal akan melakukan rotasi pemain. Kedalaman skuat Laskar Wong Kito mempermudah nakhoda asal Lampung itu melakukan eksperimen taktik.

"Saat menghadapi PSMS akan terap berusaha menampilkan tim terbaik yang kami miliki. Kalau ada rotasi tentu ada alasan-alasannya. Sebagai pelatih saya tentu ingin pertandingan ini sebagai ujian mental pemain. Setelah di semifinal kami kalah, bisakah kami bangkit. Di Liga 1 nanti tak ada satu tim pun yang akan menang pertandingan dalam satu musim penuh," kata RD.

Rahmad menilai kualitas permainan PSMS tak boleh dipandang remeh.

PSMS menampilkan permainan berbeda sepanjang turnamen. Saat mereka mengenalan kostum Hijau dan logo PSMS, pemain mereka bermain dengan gaya yang berciri. Seluruh pemain PSMS terlihat mengerti pola permaianan Coach Djadjang," tutur arsitek asal Lampung itu.

Mantan pelatih klub Malaysia, T-Team, tak menutupi bahwa ia dan anak-asuhnya memikul beban lebih berat di pertandingan ini. Mereka dijagokan banyak pengamat.

"Semua pertandinfan pasti ada beban dan itu penting bagi pelatih. Karena jika tidak ada beban nanti saya akan menyepelekan proses dan hasil pertandingan. Saya pribadi merasakan ada beban. Dan untuk itu saya harus menyiapkan tim untuk bisa lebih baik dari mereka," ujar Rahmad Darmawan.

RD membuka kemungkinan menurunkan salah satu di antara dua pemain muda anggota Timnas Indonesia U-19, Samuel Christianson dan Syahrian Abimanyu, dalam bentrok melawan Tim Ayam Kinantan.

"Progres bagus, sayang Samuel cedera dalam persiapan. Abimanyu perkembangannya pesat. Ini yg membuat saya mengambil putusan berani memainkannya. Kebetulan ia pemain muda yang memperlihatkan kualitas. Saya tak ingin banyak memujinya, karena Abi pun masih perlu banyak pelajar," tutur RD.

3 dari 4 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

PSMS Medan (4-3-3): Abdul Rohim (Kiper); Jajang Sukmara, Reinaldo Lobo, Muhamad Roby, Amarzukih (Belakang); Legimin Raharjo, Alwi Slamat, Sadney Urikhob (Tengah); Samuel Sibatuara, Antoni Putro, Frets Butuan (Depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (Kiper); Alfin Tuasalamony, Mahamadou N’Diaye, Bio Paulin, Novan Setya (Belakang); Syahrian Abimanyu, Ichsan K; Adam Alis, Makan Konate, Esteban Vizcarra (Tengah); Manucheckr Dzhalilov (Depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

4 dari 4 halaman

Live Streaming PSMS Vs Sriwijaya FC

Pembaca Bola.com bisa menyaksikan duel perebutan posisi ketiga Piala Presiden 2018 antara PSMS melawan Sriwijaya FC pada Sabtu (17/2/2018) secara live streaming mulai pukul 15.30 dengan mengklik video di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer