Sukses


Persahabatan 2 Eks Timnas Indonesia di Balik Rivalitas Madura United dan Persebaya

Bola.com, Balikpapan - Tensi keras menghiasa laga yang mempertemukan Madura United dengan Persebaya Surabaya dalam Piala Gubernur Kaltim. Setidaknya, terdapat 32 perlanggaran yang dilakukan oleh pemain kedua kubu di laga pekan pertama Grup B yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (24/2/2018) malam. 

Di antara pelanggaran tersebut, ada satu kejadian yang cukup menarik perhatian publik pada menit ke-56. Kejadian itu melibatkan pemain Madura United, Raphael Maitimo dan bek kiri Persebaya, Ruben Sanadi. 

Saat itu, Maitimo tengah menggiring bola di area kotak terlarang Persebaya. Dengan sigap, Ruben yang berada di dekatnya langsung berusaha menyapu bila hingga membuat Maitimo terjatuh. 

Namun, wasit Muslimin SH tidak menunjuk titik putih melihat insiden itu dengan memberikan tendangan sudut untuk Madura United. Maitimo pun berteriak dan melakukan protes. 

Dia masih enggan bangun sampai beberepa detik kemudian. Ruben pun membujuk Maitimo untuk melanjutkan pertandingan. Keduanya terlihat berbincang selama beberapa saat. 

“Saya cuma emosi karena wasit sangat tidak bagus saat itu. Itu duel saya dengan kaki Ruben. Dia sempat minta maaf kepada saya, tapi saya bilang tidak ada masalah,” kata Maitimo kepada Bola.com, Minggu (25/2/2018). 

Tak ada perseteruan yang dilakukan oleh Maitimo dan Ruben. Tak lama mereka berjabat tangan dan melanjutkan pertandingan seperti biasa. Selama ini, kedua pemain tersebut memang dikenal cukup dekat meski membela klub yang berbeda. 

Di sisi lain, Ruben menanggapi komentar Maitimo dengan candaan. Dia mengaku tidak unsur kesengajaan untuk menjatuhkan gelandang 33 tahun itu. Sebab, situasinya memang memaksanya untuk segera membuang bola agar tidak gol. 

“Dia (Maitimo) marah kepada wasit karena tidak beri penalti. Dia juga tidak akan bisa marah pada saya,” ujar Ruben sambil tertawan. “Kami selama ini memang dekat, jadi saya sempat minta maaf ke dia. Kalau bola itu tidak saya buang, nanti malah gol. Makanya saya lakukan itu,” imbuhnya. 

Pertemuan pertama mereka terjalin saat sama-sama membela Timnas Indonesia pada medio 2013. Tak jarang, keduanya mengobrol begitu pertandingan selesai. Saat bertemu sebagai lawan pun mereka tetap melakukan tugas membela tim masing-masing. 

“Ruben adalah sahabat saya yang sangat baik. Menurut saya, dia adalah satu di antara bek kiri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Dia selalu bermain dengan semangat dan punya kemampuan tinggi. Dia juga tidak takut bertanding dengan siapapun,” ungkap Raphael Maitimo berkomentar mengenai sahabat baiknya itu.

Video Populer

Foto Populer