Sukses


Premier League Nyatakan Gol Benteke Offside

Bola.com, Liverpool - Premier League akhirnya angkat bicara soal kontroversi yang terjadi pada gol Christian Benteke saat Liverpool menang 1-0 atas AFC Bournemouth, di Stadion Anfield, Selasa (18/8/2015) dini hari WIB. Premier League menjelaskan aturan baru yang mereka terapkan soal offside menyatakan gol Benteke tidak sah.

Gol Benteke ke gawang Bournemouth memicu kontroversi setelah Philippe Coutinho yang berada pada posisi offside terlihat aktif meski tak mengenai bola, sebelum akhirnya Benteke berhasil mencetak gol pada menit ke-26.

Sebelum musim 2015-2016 bergulir, Premier League telah membuat peraturan baru soal offside. Pada peraturan itu, pemain dianggap offside ketika sudah berdiri di belakang pemain bertahan lawan lalu aktif untuk mengejar bola hingga membuat efek kepada pemain lawan, jika pemain lain yang berada pada posisi onside mencetak gol maka gol dianggap tidak sah.

Lalu, seorang pemain tidak dianggap offside ketika seorang pemain yang berdiri di belakang pemain bertahan lawan terlihat aktif mengejar bola tapi tidak memberikan efek kepada pemain lawan. Jika pada posisi ini, pemain lain yang tidak berada pada posisi offside mencetak gol, maka gol dianggap sah.

Lebih jelasnya simak foto berikut:

Premier League menjelaskan peraturan baru soal offside

Peraturan baru Offside di Premier League

Berdasarkan peraturan tersebut, maka Premier League menganggap gol yang dicetak Benteke murni offside. Namun, kemenangan Liverpool tetap dianggap sah.

"Premier League umumnya tidak mengomentari keputusan yang dibuat oleh ofisial pertandingan. Namun, mengingat perubahan terbaru atas penafsiran hukum offisde dan fakta bahwa itu dibuat sangat mepet dengan awal musim, liga merasa itu tepat, dalam hal ini untuk menginformasikan kepada para fans dan pemangku kepentingan," tulis pernyataan resmi Premier League.

Sumber: Premier League

Baca juga:

Wenger: Gol Liverpool Lawan Bournemouth Offside!

Curhatan Bek Bournemouth Soal Kontroversi Kontra Liverpool

Benteke Pahlawan, Liverpool Hanya Menang Tipis Atas Tim Promosi

Video Populer

Foto Populer