Sukses


Prediksi Starting XI Liverpool di Bawah Asuhan Klopp

Bola.com, Liverpool - Jurgen Klopp resmi menjadi manajer Liverpool pada 8 Oktober 2015. Klopp mendapat tantangan besar untuk membawa Liverpool kembali berprestasi, atau paling tidak mampu tampil konsisten di papan atas Premier League.

Masuknya Klopp tentu akan sedikit mengubah gaya bermain Liverpool. Saat dilatih Brendan Rodgers selama tiga tahun terakhir, para pemain The Reds dituntut untuk selalu menguasai bola dalam setiap pertandingan.

Sementara itu, Klopp bukan penganut ball possession sejati. Gaya bermain direct dengan serangan balik cepat menjadi andalan Borussia Dortmund saat sukses ditangani Klopp, terutama pada periode 2010-2013.

Klopp memiliki formasi andalan selama membawa Dortmund berprestasi, yakni 4-2-3-1. Kini, Klopp kemungkinan besar bakal menggunakan formasi tersebut saat membesut The Reds.

Lantas, siapa saja pemain yang berkesempatan menjadi pilihan utama Klopp? Bola.com mencoba membuat prediksi starting XI Liverpool di bawah asuhan Klopp.

Penjaga gawang: Simon Mignolet

Penjaga gawang Liverpool asal Belgia, Simon Mignolet. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)

Simon Mignolet merupakan pilihan terbaik Klopp untuk posisi kiper. Dibanding dua kiper lain, Adam Bogdan dan Ryan Fulton, sangat masuk akal bahwa Mignolet tetap akan lebih banyak dipercaya Klopp.

Bek: Nathaniel Clyne, Martin Skrtel, Mamadou Sakho, dan Alberto Moreno

Para bek Liverpool (dari kiri ke kanan): Joe Gomez, Kolo Toure, Nathaniel Clyne, Martin Skrtel, dan Mamadou Sakho. (Liverpool)

Klopp merupakan pelatih yang gemar memasang dua bek sayap agresif. Saat masih di Dortmund, posisi dua bek sayap diberikan kepada Lukasz Piszczek dan Marcel Schmelzer yang begitu rajin membantu serangan.

Di Liverpool, Klopp tidak memiliki banyak pilihan untuk membuat serangannya lebih bervariasi menggunakan dua bek sayap. Klopp tampaknya akan memercayakan posisi tersebut kepada Nathaniel Clyne dan Alberto Moreno.

Sementara itu, posisi dua palang pintu bisa dibebankan kepada Mamadou Sakho dan Martin Skrtel. Klopp juga masih memiliki alternatif lain, yaitu Dejan Lovren. Namun, Lovren harus bisa meminimalisasi kesalahan yang kerap dilakukannya saat berseragam Liverpool.

Gelandang bertahan: Jordan Henderson dan James Milner

Dua gelandang Liverpool, James Milner (kiri) dan Jordan Henderson (kanan). (Liverpool)

Satu tempat gelandang bertahan sudah pasti akan ditempati Jordan Henderson. Pasalnya, Henderson merupakan kapten tim yang sangat sulit digeser oleh pemain lain. Henderson bisa diduetkan dengan pemain manapun yang memiliki karakter lebih menyerang.

James Milner bisa menjadi opsi pertama Klopp. Namun, Milner pun bisa bermain di banyak posisi. Jika Milner ditempatkan sebagai gelandang serang, maka Klopp bisa memasukkan Lucas Leiva atau Emre Can sebagai teman Henderson di posisi gelandang bertahan.

Gelandang serang: Daniel Sturridge, Philippe Coutinho, dan Adam Lallana

Dua pemain Liverpool, Daniel Sturridge (kiri) dan Philippe Coutinho (kanan). (Liverpool)

Posisi gelandang serang menjadi persaingan banyak pemain. Seperti saat masih menangani Dortmund, Klopp lebih memilih tiga gelandang serang yang kaya kreativitas. Posisi tersebut bisa diberikan kepada Daniel Sturridge, Philippe Coutinho, dan Adam Lallana.

Sementara itu, para cadangan gelandang serang pun masuk dalam kategori Klopp. Roberto Firmino bisa menemukan bentuk permainan terbaik di bawah asuhan Klopp. Liverpool juga masih mempunyai Jordon Ibe. Lalu, Divock Origi yang biasa bermain sebagai penyerang juga bisa digeser lebih ke belakang karena memiliki kecepatan.

Striker: Christian Benteke

Penyerang Liverpool asal Belgia, Christian Benteke. (AFP PHOTO / OLI SCARFF)

Christian Benteke akan menjadi tumpuan Klopp di lini depan. Pemain ini sesuai dengan karakter striker yang dibutuhkan Klopp, yakni kuat, piawai bola udara, dan tajam di kotak penalti.

Ketajaman Benteke bisa kembali terasah bila sering mendapat pasokan bola. Jika Benteke tampil di bawah performa terbaik, Klopp bisa memaksimalkan Danny Ings yang juga memiliki tipe seperti Benteke.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Baca Juga:

10 Selebrasi "Gila" Jurgen Klopp

12 Fakta Menarik Manajer Anyar Liverpool, Jurgen Klopp

Jurgen Klopp, dari Transplantasi Rambut hingga Hobi Jalan Kaki...

Video Populer

Foto Populer