Sukses


Jose Mourinho Komentari Gol Zlatan Ibrahimovic yang Dianulir

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United Jose Mourinho mengomentari gol Zlatan Ibrahimovic yang dianulir ke gawang Everton pada laga Premier League di Old Trafford, Manchester, Selasa (4/4/2017) waktu setempat.

Kedua tim bermain 1-1 pada laga tersebut. Everton unggul lebih dahulu melalui Phil Jagielka pada menit ke-22 dan kemudian disamakan gol penalti Ibrahimovic pada menit ke-90+4.

Saat skor 1-0 untuk Everton, Manchester United sebenarnya bisa mencetak gol melalui sundulan Ibrahimovic pada menit ke-70. Namun, wasit Neil Swarbick menganulir gol itu setelah asistennya mengangkat bendera tanda telah terjadi pelanggaran (offside).

"Kami mencetak dua gol sah. Namun, saya hanya tersenyum karena tidak marah kepada asisten wasit. Ini keputusan sulit bagi asisten wasit. Hanya video tayangan ulang yang bisa membantunya," kata Mourinho.

Dalam sebuah tayangan ulang, posisi kaki Ibrahimovic sebenarnya tidak offside. Namun, ketika ketika bola mengenai kaki pengumpan (Ander Herrera), posisi kepala Ibrahimovic yang justru lebih maju ketimbang bek terakhir Everton, Ashley Williams.

Jurnalis Express.co.uk, Jamie Anderson, juga mengatakan Ibrahimovic berada dalam posisi offside. "Keputusan yang sangat sulit. Hanya kepala Ibrahimovic yang offside. Namun, itu tetap keputusan tepat (dari asisten wasit)."

Dalam peraturan FIFA law 11 halaman 76 mengenai offside, bagian tubuh yakni kepala, badan, dan kaki masuk ke dalam kategori offside. Sementara itu, bagian tangan tidak menjadi pertimbangan dalam peraturan offside.

Aturan offside pada FIFA laws of the game 2016-2017. (dok. FIFA.com)

Hasil tersebut membuat peluang Manchester United ke posisi empat besar klasemen menjadi berat. Manchester United kini tetap berada di urutan kelima dengan mengemas 54 poin dari 29 laga atau tertinggal empat poin dari Manchester City (posisi keempat) yang juga memainkan 29 laga.

Sumber: BBC, Express, FIFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer