Sukses


4 Fakta Menarik Jelang Manchester City Vs Manchester United

Bola.com, Manchester - Manchester City akan menjamu Manchester United pada laga Premier League, di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (27/4/2017) waktu setempat. Pertemuan kedua kesebelasan akan menjadi adu gengsi untuk menentukan penguasa di kota Manchester.

Persaingan antara Manchester City dan Manchester United dimulai sejak 1881. Kala itu The Citizens masih bernama West Gorton dan The Red Devils berada di bawah panji Newton Heath.

Manchester City merupakan kesebelasan yang didukung kelas pekerja di kota tersebut. Sedangkan The Red Devils adalah simbol kaum berada yang tinggal di kota Manchester.

Perbedaan kasta antara pendukung kedua kesebelasan kerap menimbulkan tensi tinggi pada laga Derbi Manchester. Meski demikian, para pendukung Manchester United dapat menepuk dada karena unggul rekor pertemuan.

Derbi Manchester telah 173 kali tercipta di seluruh kompetisi. Dari jumlah tersebut, Manchester United memenangi 72 di antaranya, 51 pertandingan berakhir imbang, dan 50 dimenangi oleh Manchester City.

Meski begitu, kondisi terkini sedikit lebih berimbang. Prestasi Manchester City belakangan juga lebih baik dibanding rival satu kota mereka.

Guna menyambut Derbi Manchester edisi ke-174, Bola.com merangkum empat fakta menarik mengenai duel bergengsi di Kota Manchester ini.

Berikut ini adalah empat fakta menarik jelang duel Manchester City kontra Manchester United:

2 dari 5 halaman

Rivalitas Bersahabat

Meski saat ini persaingan kedua kesebelasan cukup panas, ternyata hal tersebut tidak terjadi pada awal abad ke-20. Penduduk Kota Manchester menganggap Manchester City dan Manchester United (saat itu masih bernama Newton Heath) sebagai kesebelasan kebanggaan mereka.

Sebelum Perang Dunia ke-2, banyak penggemar sepak bola di kota Manchester yang mendukung Manchester City pada satu pekan dan menjunjung panji Manchester United pekan selanjutnya. Namun semua itu berubah sejak Perang Dunia ke-2, saat warga kota Manchester mulai menyulut rivalitas antartim.

3 dari 5 halaman

Stadion Maine Road

Kandang Manchester City ini merupakan salah satu stadion kebanggaan warga Inggris pada masa jayanya. Sejak dibuka pada 1923, Stadion Maine Road mendapat julukan "Wembley yang berada di Utara" karena kemegahannya.

Ternyata Manchester City bukan satu-satunya kesebelasan yang bermarkas di stadion ini. Rival satu kota mereka, Manchester United, pernah bermarkas di Stadion Maine Road.

Hal tersebut terjadi setelah Perang Dunia ke-2, tepatnya setelah hujan bom di kota Manchester pada akhir Agustus hingga September 1940. Kala itu Stadion Old Trafford yang menjadi kandang Manchester United mengalami kerusakan parah.

Selama masa pemugaran markas mereka, The Red Devils menumpang kepada Manchester City. Saat itu Manchester United harus membayar 5.000 poundsterling (Rp 85 juta) per musim serta membagikan pendapatan tiket masuk kepada kesebelasan tuan rumah.

4 dari 5 halaman

Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson merupakan sosok manajer kebanggan Manchester United. Berbagai gelar dia raih selama menangani kesebelasan berjuluk The Red Devils tersebut.

Selain itu, pria yang akrab disapa Fergie merupakan momok untuk Manchester City. Pada 10 laga Derbi Manchester pertama bersama Fergie, The Red Devils memetik sembilan kemenangan dan satu kali bermain imbang.

The Citizens baru bisa menyaingi sang rival jelang Fergie pensiun. Dari lima pertemuan terakhir saat The Red Devils masih diasuh manajer asal Skotlandia tersebut, Manchester City berhasil meraup tiga kemenangan.

5 dari 5 halaman

Kamis di Premier League

Manchester City dan Manchester United jarang bertemu pada Kamis di ajang Premier League. Terakhir kali, duel keduanya di hari tersebut terjadi pada 10 November 1994.

Saat itu Manchester United yang merupakan tim juara bertahan kedatangan rival satu kota mereka. The Citizens yang mengakhiri musim sebelumnya di peringkat ke-16 datang dengan tidak diunggulkan.

Benar saja, empat gol Andrei Kanchelskis dan satu gol Mark Hughes membenamkan Manchester City. The Citizens menanggung malu karena pulang dengan kekalahan lima gol taanpa balas.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer