Sukses


Menerka Masa Depan Zlatan Ibrahimovic

Bola.com, Manchester - Striker Manchester United Zlatan Ibrahimovic harus mengakhiri musim 2016-2017 lebih cepat. Ibrahimovic mengalami cedera saat menghadapi Anderlecht pada laga Liga Europa di Old Trafford, Manchester, 20 April 2017.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis, Ibrahimovic didiagnosis mengalami cedera kerusakan pada ligamen lutut kanan. Pemain asal Swedia itu diperkirakan akan absen selama sembilan bulan.

Absennya Ibrahimovic menjadi pukulan berat bagi Manchester United yang sedang berjuang meraih satu tiket ke Liga Champions. Dua laga tanpa Ibrahimovic, Manchester United tidak mampu meraih kemenangan.

Pada musim ini, Ibrahimovic menjadi andalan Manchester United dalam urusan membobol gawang lawan. Pemain berusia 35 tahun itu telah mencetak 28 gol dalam 46 pertandingan The Red Devils di berbagai ajang.

Kini, masa depan Ibrahimovic bersama Manchester United masih menjadi tanda tanya. Kontrak Ibrahimovic tinggal tersisa hingga 30 Juni 2017. Belum ada kesepakatan resmi mengenai perpanjangan kontrak sang pemain.

Bola.com mencoba membuat kemungkinan mengenai masa depan Zlatan Ibrahimovic. Berikut ini adalah beberapa kemungkinannya.

2 dari 4 halaman

1. Perpanjang Kontrak di Manchester United

Kemungkinan ini menjadi yang paling dinantikan mayoritas para pendukung Manchester United. Kehadiran Ibrahimovic dinilai menjadi daya tarik para penonton untuk menyaksikan laga di Old Trafford maupun melalui televisi.

Saat tiba di Manchester United, Ibrahimovic memiliki klausul perpanjangan kontrak hingga 30 Juni 2018. Namun, hal itu baru bisa terjadi bila ada kesepakatan antara pihak klub dan si pemain.

Sebelum mengalami cedera, indikasi Ibrahimovic bertahan cukup besar. Pasalnya, Ibrahimovic berniat memberikan gelar bergengsi untuk klub yang dia bela.

Manchester United dipastikan mengubur mimpi menjuarai Premier League. Satu gelar tersisa hanya Liga Europa. Namun, sama seperti trofi Community Shield dan Piala Liga Inggris yang sudah diraih Manchester United pada musim ini, gelar Liga Europa dinilai bukan menjadi satu di antara gelar bergengsi.

Hal itu memunculkan spekulasi Ibrahimovic akan bertahan semusim lagi demi mewujudkan impian meraih gelar Premier League ataupun Liga Champions (jika Manchester United lolos pada musim depan). Jika masih ingin mempertahankan ambisi tersebut, Ibrahimovic tak lama lagi bakal memperpanjang kontrak di Manchester United.

3 dari 4 halaman

2. Hengkang dari Manchester United

Peluang Ibrahimovic hengkang dari Manchester United cukup terbuka setelah mengalami cedera parah. Sebenarnya, kabar ini sudah mulai berkembang pada awal tahun 2017.

Namun, saat itu hanya Los Angeles Galaxy, kontestan Major League Soccer yang ditengarai meminati jasa Ibrahimovic. Rumor tersebut perlahan menghilang dengan performa gemilang yang ditunjukkan Ibrahimovic sepanjang tahun 2017.

Namun, cedera ligamen lutut kanan membuat peluang Ibrahimovic hengkang dari Manchester United semakin terbuka lebar. Ada beberapa alasan kuat yang membuat kemungkinan tersebut cukup masuk akal.

Pertama, Ibrahimovic diprediksi baru akan pulih dari cedera pada awal tahun 2018. Jika memutuskan bertahan di Manchester United, maka klub sudah rela membayar "cuma-cuma" Ibrahimovic selama Juli-Desember 2017.

Gaji Ibrahimovic diperkirakan sebesar 220.000 poundsterling atau sekitar Rp 3,19 miliar per pekan. Dengan asumsi sang pemain akan menerima gaji sama saat meneken kontrak baru, maka Manchester United bisa mengeluarkan biaya Rp 82,94 miliar selama Juli-Desember 2017 tanpa bisa memainkan Ibrahimovic.

Hal itu bisa menjadi pertimbangan klub mauapun sang pemain. Beberapa media Inggris mengabarkan, Ibrahimovic telah menolak opsi perpanjangan kontrak bersama Manchester United.

Kabar tersebut menguatkan kembali rumor Ibrahimovic akan meneruskan karier di MLS ataupun Liga China. Kemungkinan itu cukup besar karena kedua liga tersebut akan memulai kompetisi musim depan pada sekitar Februari atau Maret 2018. Periode itu sesuai dengan kemungkinan Ibrahimovic pulih dari cedera.

4 dari 4 halaman

3. Pensiun

Cedera ligamen lutut membutuhkan waktu hampir setahun untuk pemulihan. Namun, sang penderita tak jarang mengalami cedera kambuhan pada masa mendatang.

Beberapa pemain sudah merasakan pengalaman pahit menderita cedera ligamen lutut. Ronaldo Luiz Nazario, Kevin Strootman, dan Giuseppe Rossi pernah mengalami cedera ini lebih dari sekali.

Hal itu membuat masa depan Ibrahimovic mulai diragukan untuk meneruskan karier sepak bola. Dalam usia sudah menginjak 35 tahun, kondisi fisik Ibrahimovic sewajarnya sudah memasuki masa pensiun.

Akan tetapi, kemungkinan Ibrahimovic memutuskan pensiun sangat kecil. Ibrahimovic mengungkapkan melalui akun Instagram-nya, dia tidak berniat untuk pensiun meski mengalami cedera parah ini.

Ibrahimovic ingin terus bermain sepak bola hingga tubuhnya merasa sudah tidak mampu lagi. Dengan karakter yang dimilikinya, Ibrahimovic bakal terus berkarier minimal hingga satu tahun mendatang.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer