Sukses


Angka-angka Keramat Manchester City di Premier League 2016-2017

Bola.com, Manchester - Manchester City mencetak beberapa performa menarik sepanjang Premier League 2016-2017. Secara statistik, Manajer Manchester City, Josep Guardiola, bomber Sergio Aguero sampai Kevin De Bruyne memberi catatan menarik.

Manchester City berada di peringkat tiga klasemen akhir Premier League 2016-2017. Mereka mendapat jatah tampil langsung pada fase grup Liga Champions musim depan.

Berikut ini beberapa catatan Manchester City berdasar angka sepanjang musim 2016-2017:

33

Angka tersebut merujuk pada koleksi gol Sergio Aguero dari seluruh kompetisi. Penampilan Aguero konsisten sepanjang musim, dan ia memberikan pesan sebagai striker yang masih mumpuni kala laga terakhir kontra Watford. Saat itu, ia mencetak dua gol.

Koleksi gol Sergio Aguero menjadi rekor pribadi, karena titik terbaik terjadi pada 2014-2015, saat bomber asal Argentina tersebut menuai 32 gol. Total, Aguero mencetak 169 gol bagi Manchester City, dan hanya berselisih delapan gol di belakang top skorer sepanjang masa, Eri Brook.

Selain itu, Sergio Aguero menjadi pemain kelima sepanjang sejarah Premier League yang mampu mencetak minimal 20 gol dalam tiga musim secara beruntun. Aguero sejajar dengan Alan Shearer, Ruud van Nistelrooy, Thierry Henry dan Harry Kane.

Aguero tercatat sebagai pemain yang terbanyak melakukan tembakan, yakni 139 kali sepanjang musim ini.

18

Angka tersebut mengacu pada koleksi assist gelandang Kevin De Bruyne sepanjang musim ini. Pencapaian tersebut bukan kejutan, karena De Bruyne tampil stabil, dan nyaris selalu menjadi pilihan utama Manajer Manchester City, Josep Guardiola.

Satu yang paling diingat fans Manchester City adalah aksi Kevin De Bruyne saat The Citizens menekuk Barcelona, pada laga Liga Champions, bulan November tahun lalu.

11

Angka tersebut menjadi output dari penampilan Gabriel Jesus di pentas Premier League. Angka 11 merujuk pada jumlah gol dan assist sang pemain anyar asal Brasil tersebut.

Pencapaian tersebut memiliki banyak arti bagi Gabriel Jesus. Hal terpenting adalah, Gabriel Jesus mampu menunjukkan diri layak menjadi skuat utama Manchester City, meski datang pada pertengahan musim.

Gabriel memberi efek positif, terutama saat bomber utama, Sergio Aguero tak bisa merumput. Hasil Gabriel Jesus menunjukkan juga kualitas mental sang pemain. Maklum, ia tak pernah bermain sampai Januari, lalu absen sekitar tiga bulan karena cedera pada rentang Februari - April.

Namun semua itu tak mengurangi level ketajaman sang pemain. Gabriel Jesus bermain dalam delapan laga Premier League, dan mmapu mencetak tujuh gol plus empat assist. Manajer Manchester City, Pep Guardiola yakin, striker yang baru berusia 20 tahun tersebut bakal bersinar pada musim depan.

117

Bek serbaguna, Pablo Zabaleta bermain dalam 117 laga bersama Manchester City, sekaligus menjadi yang terbanyak dibanding pemain asing lain milik The Citizens. Zabaleta menjadi pemain asing yang bermain terlama sejak 2003, alias kala Manchester City pindah dari Maine Road ke Etihad Stadium.

22704

Angka besar tersebut menjadi petunjuk jumlah umpan para pemain Manchester City sepanjang Premier League 2016-2017. Angka-angka tersebut menjadi yang terbanyak dibanding tim-tim lain di pentas Premiership musim ini.

Bagi Mancheter City, catatan tersebut juga rekor baru, setelah mereka pernah melakukan yang terbanyak pada 2006-2007. Aksi Sergio Aguero dkk dalam mengumpan juga lebih banyak dibanding sang terbanyak kedua, yakni Liverpool, dengan selisih 400 umpan.

7

Manchester City masuk ke jajara empat besar klasemen akhir dalam tujuh musim secara beruntun. Angka itu menjadi yang terbaik sepanjang sejarah klub tersebut, sekaligus mengikuti jejak Arsenal. The Gunners pernah mencatat rekor berada di zona empat besar dalam lima musim beruntun.

Sumber: MCFC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer