Sukses


Penyebab Manchester United Bakal Sulit Gaet Bintang

Bola.com, Manchester - Manchester United berencana menggelontorkan dana besar pada bursa transfer musim panas 2017. Manajer Manchester United, Jose Mourinho, menginginkan tiga atau empat pemain berkategori 'bintang lima' yang bakal mendarat di Old Trafford.

Skenario bagus belum tentu terealisasi. Itulah yang bisa menjadi lawan Manchester United. Faktor harga tinggi sang pemain dan keseimbangan kas Manchester United, bakal menjadi tantangan tersendiri.

Satu yang bisa menolong keseimbangan neraca uang Manchester United adalah kehadiran mereka di pentas Liga Champions 2017-2018. Pada ajang tersebut, Manchester United bakal menerima minimal 50 juta pounds atau sekitar Rp 750 miliar. Angka itu berasal dari fee pertandingan, kemenangan, status fase grup dan hak siar televisi.

Belum lagi ada sponsor baru yang secara khusus hadir di level Liga Champions. Keuangan Manchester United bisa bertambah setelah mendapat pembagian hak siar televisi untuk Premier League, Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Saat ini Premier League mendapat kontrak baru senilai 8,3 miliar pounds atau lebih dari Rp 124,5 triliun. Artinya, porsi pendapatan hak siar Manchester United bakal berkisar di angka Rp 6,25 triliun. Angka itu hanya dibagi merata, belum termasuk porsi tambahan sebagai tim besar.

Sayang, modal besar tersebut belum tentu melancarkan ambisi mendatangkan banyak bintang. Manchester United wajib melihat tim-tim raksasa di Benua Biru, yang ngebet terhadap beberapa pemain yang diincar.

Contoh teraktual, Manchester United sedang mengejar Antoine Griezmann. Selain harga tinggi yang berkisar Rp 1,4 triliun, Griezmann juga diincar Paris Saint-Germain (PSG) dan Bayern Munchen.

Nama Andrea Belotti menjadi incaran berikutnya. Sayang, Manchester United tak sendiri, karena sang bomber asal Torino tersebut mendapat atensi dari Chelsea, Arsenal sampai Atletico Madrid.

Situasi tak menentu tersebut membutuhkan ikut campur sang Manajer, Jose Mourinho. Nama besar dan pendekatan ala The Special One bisa menjadi garansi ketertarikan pemain. Hal itu perlu dilakukan setelah Mourinho 'menyesal' tak melakukan pembelian pemain pada bursa transfer musim lalu.

Setahun lalu, Mourinho mendatangkan Zlatan Ibrahimovic, Eric Bailly dan Henrikh Mkhitaryan, pada minggu pertama bulan Juli. Setelah itu, Paul Pogba datang dengan status pemain termahal sejagad.

Mourinho merasa cukup, sehingga tak melakukan pergerakan pada bulan Desember 2016. Padahal beberapa kalangan menilai, Manchester United harus bergerak pada transfer window II. Sayang, semua itu membuat Mourinho bergeming.

Walhasil, Mourinho memutuskan tak melakukan pergerakan transfer pada Januari 2017. Keputusan tersebut dianggap tak masuk akal, karena ambisi Manchester United di pentas domestik dan Eropa.

Imbasnya, kala terjadi sesuatu dengan pemain, terutama pada medio sibuk Februari - April, Mourinho seperti kelabakan. Hal itu terlihat kala Zlatan Ibrahimovic dan Marcos Rojo menuai cedera ligamen.

Walhasil, pada musim panas tahun ini, Mourinho bakal bergerak aktif. Apalagi Manchester United baru saja ditinggal gelandang berpengalaman, Bastian Schweinsteiger, yang melanjutkna karier di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Kini, publik bakal menunggu apa yang akan dilakukan Mourinho pada bursa transfer musim panas tahun ini. Maklum, selain target Liga Champions, Manchester United wajib memperbaiki posisi di pentas Premier League. Maklum, posisi ke-6 pada tahun ini menjadi yang terburuk sejak 1991.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer