Luis Suarez Ungkap Alasan Gabung Liverpool pada Januari 2011

Oleh Rizki Hidayat pada 08 Jul 2017, 21:29 WIB
Liverpool

Bola.com, Barcelona - Penyerang Barcelona, Luis Suarez, mengatakan Liverpool adalah klub impiannya pada masa kecil. Menurut Suarez, itu menjadi salah satu alasan dia meninggalkan Ajax dan gabung ke Liverpool pada Januari 2011.  

"Ketika saya masih kecil, Liverpool adalah salah satu tim terbesar di Eropa dan terkenal di dunia," ujar pemain berjuluk El Pistolero tersebut.

"Jadi ketika saya tahu Liverpool tertarik pada saya, saya tidak pernah ragu karena gabung ke Liverpool merupakan mimpi bagi pemain manapun. Saya tidak pernah membayangkan memiliki kesempatan bermain di sana," lanjutnya.

Liverpool meminang Luis Suarez dari Ajax Amsterdam pada 31 Januari 2011. Manajemen Si Merah harus mengeluarkan dana hingga 22,8 juta poundsterling (Rp 393 miliar) untuk bisa menebus Suarez dari Ajax.

Berstatus sebagai salah satu pembelian termahal Liverpool, Suarez mampu membayarnya dengan performa apik di lapangan. Dia berhasil mendulang 82 gol dari 133 penampilan di seluruh ajang kompetisi.

Bukan hanya itu, Suarez juga turut membantu Liverpool meraih trofi Piala Liga Inggris 2011-2012. Berkat kontribusinya, pemain 30 tahun tersebut menjadi sosok yang dipuja oleh publik Anfield.

Akan tetapi, kebersamaan Luis Suarez di Liverpool harus berakhir pada 11 Juli 2014. Pasalnya, Suarez menerima tawaran untuk membela Barcelona dan sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima musim.

Bersama El Barca, karier pemain bernama lengkap Luis Alberto Suarez Diaz tersebut makin bersinar. Dia berhasil mendulang 121 gol dari 147 laga bersama skuat Catalan. 

Kontribusinya di lini depan turut membawa Barcelona meraih sembilan gelar juara, termasuk dua trofi La Liga Spanyol dan satu Liga Champions. Memiliki peran yang cukup besar, manajemen Los Cules memperpanjang kontrak Luis Suarez hingga 30 Juni 2021. 

Sumber: Liverpool