Sukses


10 Pemain dengan Nilai Potensial Tertinggi Manchester United

Bola.com - Manchester United mendatangkan Romelu Lukaku dari Everton dengan harga yang diperkirakan mencapai 75 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun). Namun, hal tersebut tak lantas membuat Lukaku menjadi pemain dengan nilai potensial pasar tertinggi di skuat The Red Devils.

Berdasarkan rilis Forbes pada Juni 2017, Manchester United merupakan klub sepak bola paling bernilai di seluruh dunia. Hal tersebut membuat The Red Devils tidak ragu mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan pemain.

Menurut situs Transfermarkt, nilai potensial skuat Manchester United mencapai 451,99 juta poundsterling (Rp 7,7 triliun). Dari jumlah tersebut, Lukaku menjadi pemain dengan nilai pasar paling tinggi nomor dua tertinggi di skuat The Red Devils.

Lalu, siapa saja pemain dengan nilai pasar paling tinggi di skuat Manchester United? Berikut ini adalah 10 pemain teratas menurut situs Transfermarkt:

10. Daley Blind

Bek asal Belanda, Daley Blind, memiliki banderol 18,7 juta poundsterling (Rp 321 miliar). Jumlah tersebut meningkat dari harga Blind sewaktu dibeli dari Ajax Amsterdam pada 2014 seharga 14,88 juta poundsterling (Rp 254 miliar).

Selama memperkuat Manchester United, Blind tampil dalam 124 pertandingan dengan koleksi lima gol dan delapan assist. Bek 27 tahun itu juga mengoleksi masing-masing satu gelar Piala FA, Piala Liga, Liga Europa, dan Community Shield.

9. Victor Lindelof

Victor Lindelof merupakan rekrutan anyar Jose Mourinho di Manchester United pada musim panas tahun ini. Bek asal Swedia itu dibeli dari Benfica dengan nilai 30,7 juta poundsterling (Rp 530 miliar) pada 14 Juni 2017.

Akan tetapi, saat ini nilai pasar Lindelof berada di bawah angka tersebut. Bek asal Swedia itu hanya memiliki banderol senilai 18,7 juta poundsterling (Rp 321 miliar).

 

2 dari 5 halaman

Anthony Martial dan Juan Mata

 

8. Anthony Martial

Manchester United membuat kejuatan sewaktu merekrut Anthony Martial dari AS Monaco pada 2015. Saat itu, The Red Devils mengeluarkan dana sebesar 51 juta poundsterling (Rp 876 miliar).

Meski begitu, Martial gagal tampil impresif di bawah asuhan Jose Mourinho. Pemain asal Prancis itu hanya mencetak delapan gol dari 42 pertandingan di semua ajang. Kondisi tersebut membuat nilai pasarnya turun hingga 25,5 juta poundsterling (Rp 438 miliar).

7. Juan Mata

Menjadi pemain favorit Chelsea, Juan Mata justru menyebrang ke Manchester United pada pertengahan musim 2013-2014. Saat itu, dia ditebus dengan harga 38 juta poundsterling (Rp 653 miliar).

Saat ini, nilai Juan Mata turun hingga 25,5 juta poundsterling (Rp 438 miliar). Padahal, gelandang asal Spanyol itu merupakan salah satu andalan Jose Mourinho musim lalu.

3 dari 5 halaman

Eric Bailly dan Ander Herrera

6. Eric Bailly

Eric Bailly merupakan pemain pertama yang direkrut Jose Mourinho sewaktu ditunjuk menjadi manajer Manchester United. Bailly hijrah ke Old Trafford dengan banderol 32,3 juta poundsterling (Rp 555 miliar).

Meski tampil apik bersama The Red Devils, nilai pasar Bailly turun hingga 25,5 juta poundsterling (Rp 438 miliar). Musim lalu, Bailly tampil dalam 39 pertandingan di semua ajang.

5. Ander Herrera

Manchester United gagal merekrut Ander Herrera pada musim 2013 karena tawaran mereka ditolak Athletic Bilbao. Namun tawaran The Red Devils senilai 30,6 juta poundsterling (Rp 525 miliar) satu tahun kemudian menemui permintaan Athletic Bilbao.

Sejak Jose Mourinho menjadi manajer Manchester United, Herrera mengalami perubahan peran. Hal tersebut berpengaruh pada nilai pasar pemain Spanyol itu yang turun hingga 25,5 juta poundsterling (Rp 438 miliar).

4 dari 5 halaman

Henrikh Mkhitaryan dan David de Gea

4. Henrikh Mkhitaryan

Borussia Dortmund sempat menyangkal kepindahan Henrikh Mkhitaryan pada awal Juli 2016. Namun, Manchester United menawarkan 35,7 juta poundsterling (Rp 613 miliar) untuk merekrut pemain Armenia yang kontraknya tinggal menyisakan satu musim itu.

Sempat kesulitan pada awal kedatangan ke Manchester United, Mkhitaryan berhasil membuktikan kemampuan ketika musim telah berjalan. Saat ini, gelandang 28 tahun itu memiliki nilai pasar 29,75 juta poundsterling (Rp 511 miliar).

3. David de Gea

David de Gea merupakan satu-satunya pemain rekrutan Sir Alex Ferguson yang masuk ke dalam 10 pemain termahal Manchester United. Saat itu, De Gea diplot sebagai pengganti Edwin van Der Sar yang pensiun.

Manchester United membayar sebesar 21,25 juta poundsterling (Rp 365 miliar) kepada Atletico Madrid. Jumlah tersebut tidak sia-sia karena De Gea mampu menjadi andalan The Red Devils. Saat ini, kiper timnas Spanyol itu memiliki nilai pasar 34 juta poundsterling (Rp 584 miliar).

5 dari 5 halaman

Romelu Lukaku dan Paul Pogba

2. Romelu Lukaku

Lukaku merupakan penyerang termahal yang pernah dibeli Jose Mourinho sepanjang karier manajerialnya. Manchester United mengeluarkan dana tidak kurang dari 72 juta poundsterling (Rp 1,23 triliun).

Saat ini, Lukaku menjadi pemain dengan nilai pasar paling mahal nomor dua di skuat Manchester United. Penyerang Belgia itu bernilai 42,5 juta poundsterling (Rp 730 miliar).

1. Paul Pogba

Manchester United memecahkan rekor transfer termahal ketika membawa pulang Paul Pogba dari Juventus. Gelandang asal Prancis itu dibeli dengan harga 89,25 juta poundsterling (Rp 1,53 triliun).

Sepanjang musim 2016-2017, Pogba merupakan salah satu pilar lini tengah The Red Devils. Namun, nilai pemain 24 tahun itu berkurang hingga 63,75 juta poundsterling (Rp 1,09 triliun).

Sumber: Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer