Rooney: Manchester United Makin Sulit Pertahankan Tradisi

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Jul 2017, 13:29 WIB
Manchester United

Bola.com, Liverpool - Manchester United merupakan salah satu klub yang memiliki tradisi bagus dalam hal meraih kemenangan. Namun, Wayne Rooney menyebut, MU mulai sulit untuk mempertahankan tradisi itu.

The Red Devils merupakan salah satu klub yang memiliki catatan bagus di ajang Premier League. Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Manchester United berhasil merengkuh 13 gelar juara liga.

Selain itu, MU juga memiliki tren bagus untuk meraih kemenangan. Pada musim terakhir Ferguson sebagai manajer, yakni 2012-2013, Manchester United merengkuh 28 kemenangan, lima hasil imbang, dan menelan lima kekalahan. Hasil tersebut membuat mereka berhak atas trofi Premier League.

Namun, sejak Fergie pensiun pada 8 Mei 2013, Setan Merah seperti kehilangan taji. Dalam empat musim terakhir, MU tak mampu menyamai jumlah kemenangan yang ditorehkan Ferguson.

Alhasil, Manchester United kalah bersaing dengan Manchester City, Leicester City, dan Chelsea yang bergantian meraih titel juara Premier League. Bahkan, tiga dari empat musim terakhir, MU kerepotan menembus posisi empat besar.

"Ada standar yang harus Anda pertahankan saat berada di Manchester United. Dalam beberapa tahun terakhir, hal itu diturunkan kepada saya dan Michael Carrick untuk diteruskan kepada pemain baru demi mempertahankan standar tersebut," ujar Rooney.

"Hal itu menjadi lebih sulit dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan beberapa pemain yang baru bergabung. Ada tradisi di MU yang harus dipertahankan, ini menjadi lebih sulit, namun itu bukan masalah saya lagi, saya sangat senang bisa kembali ke Everton," lanjutnya.

Manchester United mencoba bangkit di bawah arahan Jose Mourinho. Meski masih belum mampu mempersembahkan gelar juara Premier League, Mourinho sukses mengantarkan The Red Devils meraih trofi Community Shield, Piala FA, dan Liga Europa pada musim lalu.

Untuk menghadapi persaingan pada musim 2017-2018, Manchester United mulai berbenah. Mereka membeli Victor Lindelof (Benfica) dan Romelu Lukaku (Everton), serta melepas Zlatan Ibrahimovic dan Wayne Rooney.

Sumber: ESPN