Sukses


Premier League 2017-2018: Chelsea Jaga Ekspektasi

Bola.com — Chelsea mempersiapkan Premier League musim 2017-2018 dengan optimisme tinggi. Berstatus sebagai juara bertahan, Chelsea akan berupaya maksimal mempertahankan gelar. Beberapa pemain anyar pun telah berlabuh ke Stamford Bridge, termasuk bintang Spanyol, Alvaro Morata.

Keberhasilan Chelsea menjuarai Premier League pada musim lalu tidak terlepas dari beberapa faktor. Pertama, Antonio Conte, yang membawa nuansa baru bagi permainan The Blues. Juru taktik Italia tersebut mampu membuat barisan pertahanan Chelsea bekerja sangat baik sehingga sulit ditembus.

Dengan mengenakan formasi 3-4-3, Antonio Conte menghadirkan pengalaman baru bagi manajer-manajer Premier League. Padahal, sebelum Conte menggunakan formasi tersebut, Chelsea sempat terpuruk pada awal musim. Kemenangan 3-0 melawan Arsenal, pada September 2016, menjadi titik balik kebangkitan Chelsea.

Kedua adalah absennya Chelsea di turnamen Eropa. Hal tersebut membuat kondisi Eden Hazard dan kawan-kawan terjaga cukup baik karena hanya fokus di kompetisi serta turnamen domestik.

Pada musim 2017-2018, situasinya jelas berbeda. Chelsea akan kembali tampil di ajang Liga Champions. Oleh karenanya, Antonio Conte mendatangkan beberapa pemain anyar untuk memperbaiki kedalaman skuat. Tidak hanya mendatangkan, Conte juga melepas pemain-pemain yang tidak masuk ke dalam rencana jangka panjangnya.

Teranyar, Diego Costa dikabarkan akan bergabung dengan AC Milan dengan status pinjaman. Ketidakhadiran Diego Costa tentu bukan menjadi masalah besar bagi Conte, yang sudah mendapatkan pengganti, Alvaro Morata. Apalagi, keduanya pernah bekerja sama sebagai pemain dan pelatih di Juventus.

Baca ulasan khusus Bola.com menjelang bergulirnya Premier League 2017-201 dengan mengklik tautan ini

Semenjak melatih Chelsea, Antonio Conte tercatat telah mendepak 11 pemain Chelsea, termasuk para bintang seperti Branislav Ivanovic, Oscar, hingga John Terry. Total, Conte hanya mendatangkan empat pemain anyar, yakni Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, Antonio Rudiger, dan Willy Caballero.

Nemanja Matic (kanan) dan Paul Pogba (irishexaminer.com)

Antonio Conte dikabarkan sedang mencari gelandang baru setelah Nemanja Matic hijrah ke Manchester United. Menurut pemberitaan media-media Inggris, Chelsea mengincar gelandang Leicester City, Danny Drinkwater, untuk menggantikan Nemanja Matic.

Terlepas dari masalah transfer, musim 2017-2018, akan menjadi "tugas" sesungguhnya bagi Antonio Conte. Keberhasilan Chelsea, tentu membuat klub-klub unggulannya lainnya berbenah. Manchester City, misalnya, yang cukup royal menggelontorkan uang pada bursa transfer untuk menguatkan skuat pada musim depan.

Belum lagi bicara soal Manchester United yang akan menjadi musim kedua bersama Jose Mourinho. Apalagi, Jose Mourinho memiliki catatan bagus lantaran selalu berhasil mengantarkan klubnya menjadi juara liga pada musim kedua. Beberapa hal ini harus diwaspadai Conte.

Satu-satunya harapan besar Antonio Conte tentu terdapat pada barisan penyerang. Ketajaman Alvaro Morata akan menjadi tumpuan. Alvaro Morata memang tampil baik pada musim lalu. Namun, dalam tiga tahun terakhir, Alvaro Morata tidak pernah mencetak lebih dari 15 gol selama semusim di liga.

Meski begitu, Antonio Conte masih bisa berharap pada barisan tengah. Jika Eden Hazard dapat tampil fit, gelontoran gol bisa tercipta lewat kaki bintang asal Belgia tersebut. Toh, kekuatan lini tengah Chelsea tidak perlu diragukan lagi. Kehadiran Tiemoue Bakayoko bisa menjadi penyeimbang N'Golo Kante.

2 dari 3 halaman

Stamford Bridge

Catatan kemenangan kandang Chelsea pada musim 2016-2017 cukup baik. Meski sempat terpuruk pada awal musim, mereka mampu menorehkan 12 kemenangan kandang. The Blues juga menyamai rekor sebelumnya dalam hal perolehan 12 kemenangan beruntun di ajang Premier League.

Total, dari 19 pertandingan kandang, Chelsea hanya kalah dua kali, sementara sisanya berakhir kemenangan. Dari jumlah pertandingan tersebut, Chelsea mampu menorehkan total 55 gol dan hanya kebobolan 17 gol di depan hadapan pendukungnya sendiri.

"Anda tahu fans kami memberikan segalanya. Mereka mendukung dengan sangat luar biasa," kata Antonio Conte, saat mengomentari dukungan dari suporter Chelsea, di Stamford Bridge.

Pemain Chelsea mengangkat trofi merayakan gelar juara Liga Inggris usai pertandingan melawan Sunderland di stadion Stamford Bridge, london, (21/5). Chelsea meraih titel Liga Inggris 2016/2017 usai mengalahkan WBA dua pekan lalu. (AP Photo/Frank Augstein)

Hasil 5-0 melawan Everton menjadi kemenangan kandang terbesar Chelsea di Stamford Bridge, pada musim lalu. Ketika itu, pesta gol Tim London Biru dikreasi torehan Eden Hazard (2 gol), Marcos Alonso, Diego Costa, dan Pedro Rodriguez.

Publik Stamford Bridge pun menjadi saksi ketika Eden Hazard dan kawan-kawan mengangkat trofi juara. Menurut catatan Premier League, sepanjang musim 2016-2017, total pengunjung Stamford Bridge tercatat sebesar 41.507 penonton.

Pertandingan melawan West Browich Albion menjadi catatan penonton terbanyak di Stamford Bridge pada musim lalu. Menurut ESPN, ketika itu, 41.622 suporter hadir di stadion. Sementara itu, jumlah penonton terendah tercatat saat Chelsea menghadapi Southampton (41.168).

3 dari 3 halaman

Skuat

Chelsea merekrut empat pemain anyar pada bursa transfer musim panas 2017. Keempat pemain tersebut, antara lain lvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, Antonio Rudiger, dan Willy Caballero. Satu pemain lagi adalah Andreas Christensen, yang masa peminjamannya telah berakhir.

Jika dibandingkan dengan skuat musim-musim sebelumnya, Antonio Conte memang tidak terlalu banyak mengubah komposisi pemain. Hanya saja, ia melepas pemain yang jarang mendapatkan kesempatan bermain, atau yang bermasalah, satu di antaranya Diego Costa.

Padahal, untuk urusan kontribusi, Diego Costa mampu menjadi andalan lini depan Chelsea selama beberapa musim terakhir. Bahkan, pada musim lalu, Diego Costa menjadi pemain paling produktif dengan torehan 20 gol, diikuti Eden Hazard (16 gol), dan Pedro (9 gol), di ajang Premier League.

Antonio Conte rayakan kemenangan Chelsea bersama Diego Costa (reuters)

Namun, Antonio Conte sudah mengantisipasi hal tersebut dengan mendaratkan Alvaro Morata dari Real Madrid. Conte pun berharap Alvaro Morata dapat cepat beradaptasi dengan tim karena dalam dua laga uji coba, penyerang Spanyol tersebut belum menyumbangkan gol bagi The Blues.

Kini, Antonio Conte sedang mencari pengganti Nemanja Matic, yang hijrah ke Manchester United. Satu-satunya pemain yang berpeluang besar menggantikan posisi gelandang Serbia tersebut adalah bintang Leicester City, Danny Drinkwater.

Berikut ini adalah daftar pemain Chelsea (hingga 3 Agustus 2017): 

No.  Nama Posisi
13 Thibaut Courtois Kiper
1 Willy Caballero Kiper
37 Eduardo Kiper
30 David Luiz Bek
2 Antonio Rudiger Bek
27 Andreas Christensen
Bek
24 Gary Cahill Bek
3 Marcos Alonso Bek
16 Kenedy Bek
28 Cesar Azpilicueta Bek
40 Cristian Cuevas Bek
7 N'Golo Kante Gelandang
14 Tiemoue Bakayoko Gelandang
4 Cesc Fabregas Gelandang
10  Eden Hazard Gelandang
22 Willian Gelandang
15 Victor Moses Gelandang
11 Pedro Gelandang
34 Lewis Baker Gelandang
17 Charly Musonda Gelandang
19 Diego Costa
Penyerang
9 Alvaro Morata Penyerang
23 Michy Batshuayi Penyerang
18 Loic Remy Penyerang

 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer