Sukses


9 Potensi Klub Anyar Mesut Ozil pada Januari 2018

Bola.com, Jakarta Nama Mesut Ozil menjadi bahan pembicaraan utama sejak tengah pekan lalu. Semua itu berlatar kemungkinan Mesut Ozil pergi dari Arsenal pada Januari tahun depan.

Mesut Ozil berstatus bebas transfer pada musim panas 2018. Walhasil, Arsenal tak punya pilihan lain. The Gunners wajib melego Mesut Ozil jika tak ingin kehilangan pendapatan.

Dunia bursa transfer musim dingin tahun depan bakal panas karena keberadaan sosok Ozil. Beberapa pengamat mengungkapkan kans klub-klub raksasa yang bakal dibela Ozil.

Beberapa kolumnis sepak bola menyatakan, Ozil kemungkinan besar bakal pergi ke tim yang masih bermain di pentas Liga Champions. Bagi Mesut Ozil, berada di klub besar bisa mendatangkan dua benefit sekaligus, yakni menjaga gaji dan permainan yang konsisten.

Berikut ini rangkuman dari kemungkinan klub-klub besar yang punya kans atau tidak mendatangkan Mesut Ozil, terutama dilihat dari bagaimana komposisi serta karakter masing-masing.

Manchester United

Prediksi: Tidak

Bukan rahasia lagi kalau Manajer Manchester United, Jose Mouriho menyukai penampilan Mesut Ozil. Mereka sempat bersama saat membela panji Real Madrid. Tapi, keberadaan Ozil akan menyulitkan, dan bisa jadi merusak ritme yang sudah ada.

Maklum, Manchester United memiliki beberapa pemain yang sudah nyaman di area tengah, seperti Juan Mata dan Henrikh Mkhitaryan. Jika Ozil datang, bisa jadi satu di antara dua pemain tersebut bakal pergi.

Manchester City

Prediksi: Tidak

Mesut Ozil adalah satu di antara playmaker terbaik di pentas Premier League. Kualitas Ozil sudah pasti bakal meningkatkan level permainan Manchester City.

Sayang, kualitas para gelandang, terutama yang bermain sebagai pelayan striker, di Manchester City memiliki performa tinggi. Kevin De Bruyne, David Silva, Bernardo Silva dan Ilkay Gundogan, sedang berada dalam kondisi terbaik.

Manchester City justru membutuhkan pemain guna memperkuat sisi lain, bukan mendatangkan gelandang serang baru. Selain itu, karakter permainan Pep Guardiola adalah cepat, sehingga Ozil bisa saja bakal keteteran karena faktor fisik.

Liverpool

Prediksi: Ya

Liverpool masih membutuhkan deretan pemain berkualitas tinggi, terutama yang bisa beroperasi di segala area tepat di belakang bomber. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp sudah mendatangkan Alex Oxlade-Chamberlain, tapi itu belum cukup.

Liverpool bisa menggunakan kualitas dan pengalaman Ozil untuk bersaing di level Eropa alias Liga Champions. Klopp mengaku sangat tertarik mendatangkan Ozil. "Jika harga pas atau sesuai rencana transfer kami, tentu saja Liverpool akan mengambil kesempatan mendatangkan Ozil," kata Klopp.

Chelsea

Prediksi: Tidak

Chelsea sudah memiliki Cesc Fabregas, yang memiliki karakter mirip Mesut Ozil. Selain itu, berpola 3-4-3, membuat ruang gerak Ozil tak akan terlalu bebas, karena formasi itu menuntut level kebugaran di atas rata-rata.

Kualitas Ozil tinggi, tapi tidak cukup untuk memaksimalkan peran sebagai playmaker di Chelsea. Ozil bisa masuk, jika Chelsea mengubah formasi permainan yang lebih ke arah stylish.

Satu di antara penyakit yang kerap melanda Mesut Ozil adalah kedisiplinan pergerakan di lapangan. Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakui Ozil tak mudah disetir. Ia kerap berubah posisi dan tak disiplin di area tengah. Hal tersebut kemungkinan berasal dari kapasitasnya sebagai gelandang yang bebas bergerak, tak terpaku pada satu titik.

Tottenham Hotspur

Prediksi: Tidak

Tottenham Hotspur menjadi tim yang seharusnya memiliki kepentingan untuk mendatangkan Mesut Ozil. Selama ini Spurs tergolong lemah dalam memainkan gelandang alternatif. Spurs terlalu terpaku pada Christian Eriksen, tanpa ada pengganti sepadan.

Sayang, satu kendala sudah terlihat kala Spurs ingin mendapatkan jasa Mesut Ozil, yakni harga dan gaji. Maklum, Spurs terkenal sedang berhemat, dan itu sudah diumumkan sang bos, Dan Kilpatrick.

Barcelona

Prediksi: Ya

Andai terealisasi, tansfer Mesut Ozil ke Barcelona bakal menjadi yang paling menarik. Hal itu terkait status Ozil yang pernah berkostum Real Madrid dan status usia yang masih tergolong matang.

Bagaimanapun, Ozil adalah sosok pemain berkualitas yang diinginkan Camp Nou. Ozil bakal menjadi tandem yang pas bagi Lionel Messi, baik memberi umpan atau membuka kesempatan mencetak gol.

Barcelona akan mendapatkan benefit, setidaknya harga transfer yang bakal murah pada Januari mendatang.

Real Madrid

Prediksi: TidakTak ada kata kembali. Itulah yang menjadi sorotan Ozil, meski pada tahun lalu ia menyebut Real Madrid masih berada dalam hatinya. Ozil mengakui, faktor Zinedine Zidane menjadi pembeda.

Keberadaan Zidane menjadi hal menarik bagi Ozil. Dia pun memiliki kesempatan kembali ke Real Madrid, apalagi dengan harga yang bakal murah. Sayang, Real Madrid sudah memiliki beberapa pemain yang harus mendapatkan menit bermain lebih banyak agar semakin matang, seperti Isco dan Marco Asensio.

Tak heran, andai Ozil kembali, dia harus berada di bangku cadangan untuk waktu yang tak bisa terdeteksi batasnya.

Bayern Munchen

Prediksi: No

Ozil menjadi incaran Bayern Munchen karena sesuai visi Uli Hoeness yang menginginkan semakin banyak pemain asal Jerman berada di FC Hollywood.

Sayang, performa Ozil bakal mendapat hambatan dari pelatih sekarang, Mr Jupp. Apalagi sang bos sudah berencana menambah Niklas Sule, Serge Gnabry dan Sebastian Rudy, agar mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Tak hanya itu, Bayern Munchen sudah mendekati gelandang Leon Garetzka, sebagai pemain yang ditargetkan datang pada musim panas tahun depan.

PSG

Prediksi: Tidak

Performa Mesut Ozil bersama Arsenal membuat Paris Saint-Germain (PSG) tak tertarik lagi. Secara gaji dan penampilan tak menunjang, dan PSG sudah memiliki line-up gelandang yang lengkap.

PSG justru lebih memilih berusaha maksimal mendapatkan rekan setim Ozil, yakni penyerang Alexis Sanchez. Bagi PSG, harga murah Ozil pada bursa transfer musim dingin nanti, tak menjadi daya tarik utama.

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer