Sukses


5 Pemegang Rekor Unik di Premier League

Bola.com — Premier League memasuki musim ke-25 pada 2017-2018. Beberapa rekor unik tercipta selama penyelanggaran kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris tersebut.

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengubah format kompetisi sejak 1992. Divisi Satu yang sebelumnya menjadi kasta tertinggi digantikan oleh Premier League.

Musim 2006-2007 menjadi titik balik Premier League. Seiring berkembangnya teknologi, statistik pertandingan maupun individu menjadi lebih detail.

Sejak saat itu, pergerakan setiap pemain di atas lapangan dapat dipantau. Alhasil, sejumlah rekor unik tercipta pada ajang Premier League.

Lantas, siapa saja pemain yang memegang rekor unik pada kompetisi Premier League? Berikut ini Bola.com merangkum lima di antaranya:

2 dari 6 halaman

Peter Crouch

Mantan penyerang penyerang timnas Inggris, Peter Crouch, terkenal memiliki postur yang tinggi. Crouch memiliki tinggi 201 centimeter.

Dianugerahi postur menjulang, Crouch mempunyai keahlian dalam berduel di udara. Alhasil, tidak mengherankan jika Crouch menjadi pemain yang paling sering memenangi duel udara di Premier League.

Menurut catatan, Crouch 1785 kali memenangi duel udara di Premier League. Dari jumlah tersebut, pemain berusia 36 tahun itu sukses 39 kali menyarangkan bola ke gawang lawan. Jumlah tersebut membuat Crouch menjadi pemain yang paling sering mencetak gol lewat sundulan.

 

3 dari 6 halaman

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas merupakan pemain yang paling sukses dalam memberikan umpan terobosan. Menurut catatan, Fabregas telah 359 kali memberikan umpan terobosan yang sukses.

Dari jumlah tersebut, 110 di antaranya tercipta pada musim 2010-2011. Rekor tersebut Fabregas ciptakan selama memperkuat Arsenal (2003 hingga 2011) dan Chelsea (2014 hingga sekarang).

Selain itu, Fabregas juga menjadi pemain kedua yang paling sering memberikan assist pada ajang Premier League. Gelandang asal Spanyol itu mengoleksi 110 assist, tertinggal 52 gol dari Ryan Giggs.

 

4 dari 6 halaman

Gael Clichy

Dalam melakukan intercept, Gael Clichy merupakan yang paling sering melakukannya. Clichy 855 kali melakukan intercept pada ajang Premier League.

Musim 2007-2008 menjadi yang paling sering Clichy melakukan intercept. Ketika itu, dia berhasil melakukan 136 intercept dalam satu musim.

Intercept yang dilakukan oleh Clichy sukses membantu Arsenal tidak terkalahkan pada musim 2003-2004. Rekor terbaik Clichy terjadi pada musim 2007-2008, ketika tim yang dia bela sukses mencatatkan 15 clean sheet.

 

5 dari 6 halaman

Robin van Persie

Semasa masih bermain, Robin van Persie memiliki reputasi sebagai pencetak gol ulung. Van Persie tiga kali memenangi gelar pencetak gol terbanyak Premier League.

Meski begitu, Van Persie menyisakan catatan buruk ketika berkarier di Premier League. Pria berusia 34 tahun tersebut merupakan pemain yang tendangannya paling sering membentur tiang gawang.

Menurut catatan Premier League, bola sepakan Van Persie 44 kali membentur tiang gawang. Jumlah itu jauh lebih banyak dari Wayne Rooney yang 28 kali membentur tiang gawang.

 

6 dari 6 halaman

Steven Gerrard

Pemain legendaris Liverpool, Steven Gerrard, terkenal memiliki kemampuan mengeksekusi bola-bola mati. Gerrard merupakan eksekutor bola mati andalan The Reds sewaktu masih bermain, termasuk tendangan penjuru.

Situasi itu membuat Gerrard menjadi pemain yang paling sering melakukan eksekusi tendangan penjuru. Selama membela Liverpool, Gerrard 901 kali melakukan tendangan penjuru.

Gerrard mengungguli catatan Stewart Downing di urutan kedua pemain yang paling sering melakukan tendangan penjuru. Downing mencatatkan 896 tendangan penjuru pada ajang Premier League

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer