Sukses


Solanke Jawab Ekspektasi Saat Jadi Starter Liverpool

Jakarta Striker belia Liverpool, Dominic Solanke, menjawab ekspektasi setelah menjadi starter dalam pertandingan melawan tuan rumah Stoke City, di Bet365 Stadium, Kamis (30/11/2017) dinihari WIB. Penampilan Solanke mengundang pujian. 

Solanke sendiri adalah pemain muda yang direkrut Liverpool dari Chelsea pada musim panas 2017 dengan status bebas transfer. Secara keseluruhan, sudah 10 kali pelatih Jurgen Klopp memainkannya di semua kompetisi musim ini.

Namun, sebagian besar caps itu didapat Solanke sebagai pemain pengganti. Melawan Stoke adalah momen pertama di mana ia diturunkan sebagai starter di Liga Inggris. Ia tampil 67 menit sebelum digantikan Mohamed Salah.

Pengalaman pertama itu makin terasa spesial. Meski tak mencetak gol, ia menyumbang assist buat gol Sadio Mane di menit ke-17. Karenanya, Klopp pun tak sungkan memberikan pujian kepada penyerang berusia 20 tahun itu.

"Ia seharusnya mencetak gol. Seorang anak yang luar biasa, layak, dan saya sangat bahagia karena ia bisa melakukan itu. Ia adalah pemain yang fantastis. Ia bisa memberbaiki semua hal meski sudah menjadi pemain hebat," kata Klopp di situs Liverpool.

Saat masih membela Chelsea, Solanke dikenal sebagai pemain muda yang memiliki potensi hebat. Meski baru sekali tampil bersama tim utama, ia memiliki rapor luar biasa bersama tim-tim usia muda Chelsea.

 

2 dari 3 halaman

Aksi Solanke

Di Chelsea U-18, ia mencetak delapan gol dari 10 laga. Bersama tim U-19, ia mengemas 12 gol dan enam assist dari 11 laga. Lalu, ia juga mencetak 15 gol dari 24 laga bersama tim U-23. Karenanya, Liverpool terbilang beruntung bisa mendapatkannya dengan status bebas transfer.

"Saya sangat senang bisa memberinya kesempatan malam ini. Ia harus bekerja seperti yang lainnya. Ia pemain yang sangat bagus. Kami harus melindunginya dan seya senang dengan pilihan yang kami miliki," ujar Klopp.

Pada laga melawan Stoke, Liverpool sendiri mengukir kemenangan tiga gol tanpa balas. Usai gol Mane di menit ke-17, The Reds menambah dua gol lewat Mohamed Salah di menit ke-77 dan ke-83.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Stoke City (3-4-2-1): 33-Lee Grant; 6-Kurt Zouma, 17-Ryan Shawcross, 15-Bruno Martins Indi; 18-Mame Biram Diouf, 24-Darren Fletcher (16-Charlie Adam 85’), 4-Joe Allen, 3-Erik Pieters; 22-Xherdan Shaqiri, 10-Eric Maxim Choupo-Moting (11-Jese Rodriguez 74’); 25-Peter Crouch.

Manajer: Mark Hughes (Wales)

Liverpool (4-3-3): 22-Simon Mignolet; 12-Joe Gomez, 32-Joel Matip, 6-Dejan Lovren, 18-Alberto Moreno; 5-Georginio Wijnaldum, 23-Emre Can, 21-Alex Oxlade-Chamberlain (7-James Milner 67’); 19-Sadio Mane (14-Jordan Henerson 89’), 9-Roberto Firmino, 29-Dominic Solanke (11-Mohamed Salah 67’).

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Wasit: Martin Atkinson

Video Populer

Foto Populer