Sukses


Kenapa Pogba Jadi Kapten di MU?

Manchester - Manchester United (MU) mempertontonkan pemandangan lain saat melawan ke markas Leicester City pada pekan ke-19 Liga Inggris 2017/2018 di King Power Stadium, Minggu (24/12/2017) dinihari WIB. Paul Pogba saat itu ditunjuk menjadi kapten MU.

Sejatinya, ini bukan kali pertama Pogba ditunjuk pelatih Jose Mourinho sebagai kapten MU. Sudah beberapa Liga Champions yang dilewati MU dengan kehadiran Pogba sebagai kapten. Namun, harus diingat bahwa Pogba bukan kapten utama.

Di musim ini, jabatan kapten Setan Merah disandang Michael Carrick. Namun, pemain yang lebih sering mengenakan ban kapten adalah Antonio Valencia. Itu karena Carrick jarang dimainkan dan Valencia adalah anggota inti skuat MU.

Kebetulan, Valencia tak bisa tampil saat MU melawan Leicester. Mourinho pun kembali menugaskan Pogba sebagai kapten. Terkait dengan keputusan itu, Mourinho memberikan alasannya.

"Alasan di balik keputusan itu adalah bahwa di Liga Champions kami menjadikannya kapten beberapa kali saat Valencia dan pemain-pemain seperti Zlatan (Ibrahimovic) dan (Chris) Smalling tidak bermain. Kali ini kami merasa bahwa ini bisa menjadi motivasi ekstra baginya, hanya itu," kata Mourinho, dilansir Manchester Evening News.

 

2 dari 3 halaman

Alasan Lain

Paul Pogba (AFP/Oli Scarff)

Alasan lain adalah karena Pogba adalah pemain yang sudah terikat dengan sejarah klub. Meski baru kembali direkrut dari Juventus pada musim panas 2016, pemain asal Prancis itu adalah produk asli akademi MU.

"Mungkin juga fakta bahwa ia adalah pemain muda dan terbentuk di akademi klub. Ia juga akan memiliki banyak tahun untuk bermain di klub serta memiliki peluang untuk menjadi kapten di masa depan. Itu saja," jelas Mourinho.

Sejak Mourinho melatih pada musim panas 2016, sudah banyak pemain yang diberi kesempatan untuk mengenakan ban kapten MU. Selain Pogba dan Smalling, ada juga nama-nama seperti Marouane Fellaini dan Ashley Young. Namun, kapten utama tim tetap Carrick yang menggantikan Wayne Rooney.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Pogba di Setiap Tim

Manchester United U-23: 21 caps, 3 gol, 7 assist

Manchester United: 72 caps, 12 gol, 12 assist

Juventus: 178 caps, 34 gol, 43 assist

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

Video Populer

Foto Populer