Sukses


Virgil Van Dijk dan 4 Pembelian Termahal Liverpool

Bola.com - Liverpool mengumumkan perekrutan Virgil van Dijk pada Kamis (28/12/2017). Van Dijk menjadi rekrutan termahal sepanjang sejarah The Reds.

Liverpool pun berhasil memenangkan perburuan pemain asal Belanda tersebut. Sebelumnya, Virgil van Dijk sempat dikaitkan dengan Manchester City dan Chelsea.

Manajemen The Reds mengeluarkan dana sebesar 75 juta poundsterling (Rp 1,36 triliun) untuk mendatangkan Van Dijk dari Southampton. Jumlah tersebut membuat Van Dijk menjadi bek termahal di dunia.

Selain menjadi bek termahal dunia, Van Dijk juga menjadi rekrutan termahal sepanjang masa Liverpool. Namun, bek berusia 26 tahun itu baru akan bergabung ke Anfield ketika bursa transfer dibuka pada Januari 2018.

Pembelian Van Dijk menuai kritikan dari berbagai pihak. Banyak yang menganggap Liverpool mubazir mengeluarkan dana sebanyak itu untuk seorang bek.

Meski begitu, ada juga yang mendukung sang pemain, termasuk dari Carles Puyol. Mantan bek Barcelona itu menganggap Van Dijk pantas didatangkan dengan harga mahal mengingat rapuhnya lini belakang Liverpool.

Saat ini, Virgil van Dijk merupakan pemain termahal sepanjang masa Liverpool. Selain Van Dijk, The Reds juga pernah mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain. 

Lantas, siapa saja pemain-pemain termahal yang pernah berlabuh di Anfield? Berikut ini Bola.com merangkum empat di antaranya:

 

2 dari 5 halaman

Sadio Mane

Liverpool memiliki kebiasaan mendatangkan pemain dari Southampton. Sebelum Van Dijk, The Reds sempat memboyong sejumlah pemain yang berasal dari Southampton, salah satunya adalah Sadio Mane.

Manajer Jurgen Klopp mengangkut Sadio Mane ke Anfield pada awal musim 2016-2017. Saat itu, The Reds merogoh kocek hingga 37,08 juta poundsterling (Rp 675 miliar) untuk mengamankan jasa Mane.

Keputusan Klopp itu terbukti tepat karena Mane langsung menjadi andalan di lini depan The Reds pada musim itu. Pemain asal Senegal itu mencetak 13 gol dan delapan assist dari 29 pertandingan di berbagai ajang.

Memasuki musim kedua, Mane tetap menunjukkan ketajaman bersama Liverpool. Dari 18 laga yang telah dia jalani, Mane mampu menyumbangkan tujuh gol dan lima assist.

 

3 dari 5 halaman

Mohamed Salah

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, membuat keputusan mengejutkan ketika mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2017. Bukan tanpa alasan, Salah sempat gagal bermain di Inggris ketika memperkuat Chelsea.

Apalagi Salah datang dengan banderol yang tidak murah. Pemain asal Mesir itu ditebus dari AS Roma dengan harga 37,8 juta poundsterling (Rp 688 miliar).

Meski begitu, Salah menepis keraguan publik Liverpool. Winger berusia 25 tahun itu justru menjadi andalan di lini depan The Reds pada musim 2017-2018.

Salah menjadi top skorer sementara Liverpool berkat 21 gol dari 28 laga di berbagai ajang. Selain itu, dia juga mengoleksi delapan assist.

 

4 dari 5 halaman

Christian Benteke

Transfer mahal tidak selalu identik dengan hasil positif. Setidaknya itu yang terjadi dengan Christian Benteke ketika memperkuat Liverpool pada musim 2015-2016.

Benteke datang ke Anfield dengan status pemain termahal Liverpool saat itu. The Reds mengeluarkan dana 41,8 juta poundsterling (Rp 761 miliar) untuk merekrut pemain asal Belgia itu dari Aston Villa.

Akan tetapi, Benteke hanya bertahan satu musim bersama Liverpool. Penyerang berusia 27 tahun itu terlibat perselisihan dengan manajer Jurgen Klopp.

Alhasil, Benteke dijual ke Crystal Palace pada musim berikutnya. Liverpool menelan kerugian karena Benteke hanya terjual dengan harga 28,08 juta poundsterling (Rp 511 miliar).

 

5 dari 5 halaman

Naby Keita

Liverpool berjudi dengan membayar klausul pelepasan Naby Keita dari RB Leipzig seharga 67,5 juta poundsterling (Rp 1,22 triliun). Padahal, Keita baru mendarat di Anfield pada bursa transfer musim panas 2018.

Pemain asal Guinea itu didatangkan sebagai langkah preventif kepergian Philippe Coutinho. Apalagi, Coutinho kerap dikaitkan dengan Barcelona.

Kesuksesan mendatangkan Keita membuat Liverpool memenangi perburuan si pemain. Gelandang 22 tahun itu sempat dikaitkan dengan sejumlah klub sebelum berlabuh di Anfield.

Meski begitu, Liverpool dikabarkan berniat mendatangkan Keita pada bursa transfer Januari 2018. Manajer Jurgen Klopp ingin menambal kelemahan di lini tengah The Reds.

Akan tetapi, RB Leipzig menolak untuk melepas Keita lebih cepat. Klub berjuluk Die Roten Bullen itu mengaku masih butuh jasa Keita setidaknya hingga akhir musim 2017-2018.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer