Sukses


Jelang Lawan Forest, Pelatih Arsenal Puji Brian Clough

Jakarta Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memuji legenda Nottingham Forest, Brian Clough. Ini dilontarkan Wenger jelang laga menghadapi Nottingham Forest di Piala FA, Minggu (7/1/2018). 

"Dia kepribadian yang spesial di sepak bola Inggris," kata Wenger seperti dilansir Soccerway.

Clough adalah manajer legendaris yang berhasil membawa Forest meraih kejayaan di era 70-an. Clough membawa Forest antara lain juara Piala Champions, cikal Liga Champions, dua musim berturut-turut.

Hingga kini belum ada pelatih asal Inggris yang mampu mengulangi prestasi Clough. Sayangnya, Clough tak pernah menangani timnas Inggris. Ia pun dijuluki sebagai the greatest manager England never had (pelatih terbaik yang tak pernah dimiliki Inggris).

 

2 dari 3 halaman

Kepribadian

Brian Clough

Wenger menambahkan, prestasi yang dikukir Clough tercipta karena buah kepribadian yang kuat. Oleh karena itu, Clough berhasil menempatkan namanya di buku sejarah sepak bola Inggris.

"Ini adalah kepribadiannya yang telah meninggalkan jejak di sejarah sepak bola Inggris. Jadi, dia akan diingat sebagai salah satu yang terbaik di sepak bola Inggris. Saya rasa itu fantastis," ujar Wenger.

3 dari 3 halaman

Tidak Terulang

Lebih lanjut, Wenger menilai prestasi Clough tak mungkin terulang. Pasalnya, situasi sepak bola telah berubah.

"Sukses Clough menimbulkan pertanyaan karena itu menunjukkan sepak bola telah berubah. Bisakah Forest juara Liga Champions har ini? Atau Aston Villa? Itu masa lalu," ujar Wenger mengakhiri.

Arsenal sendiri hanya berhasil menjadi runner-up Liga Champions pada musim 2006. Di final, mereka kalah 1-2 dari Barcelona.

Video Populer

Foto Populer