Sukses


Marc Marquez Ungkap Kunci Kemenangan di MotoGP Austin

Bola.com, Austin - Pebalap Honda, Marc Marquez, mengatakan strategi pemilihan ban depan yang berjalan sempurna menjadi kunci kemenangannya pada MotoGP Austin, di Circuit of the Americas (COTA), Minggu (10/4/2016) malam waktu setempat.

Kemenangan tersebut mengukuhkan gelar Marquez sebagai rajanya MotoGP Austin. Pria Spanyol itu berhasil juara di COTA dalam empat musim beruntun. Dominasinya dipertegas dengan memegang kendali sejak awal balapan dan kemudian melesat jauh di depan. Baby Alien akhirnya finis pertama dengan keunggulan lebih dari enam detik atas Jorge Lorenzo yang berada di posisi kedua.

Marquez mengaku memilih menggunakan ban depan berkompon lunak supaya bisa melaju sekencang mungkin pada lap-lap awal. Ban tersebut memang tergerus cepat setelah 12 lap, namun pemegang dua gelar juara MotoGP tersebut mampu mempertahankan keunggulannya.

“Ini bukan balapan mudah karena saat pemanasan saya mencoba ban depan yang juga dipakai semua pebalap lainnya, yaitu yang berkompon medium. Namun, untuk beberapa alasan yang tak merasa nyaman,” jelas Marquez, seperti dilansir Crash.

“Saat balapan, saya berterima kasih kepada tim dan juga Michelin. Kami memilih ban yang terbaik untuk saya, yaitu opsi ban berkompon lunak. Hal itu menimbulkan pertanyaan karena waktu kami terbatas (ban cepat habis), tapi tak apa-apa. Saya menggunakan ban lunak dan menggunakan potensinya pada awal balapan. Saya berusaha mengambil keuntungan dengan memperlebar margin atas pebalap-pebalap lain,” beber dia.

Berkat kemenangannya di COTA, Marquez kini kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2016, dengan raihan 66 poin. Dia unggul 21 poin atas kompatriotnya, Jorge Lorenzo. Sementara itu, Valentino Rossi, berada di urutan ketiga dengan koleksi 33 poin. Rossi gagal merampungkan balapan setelah mengalami crash pada lap ketiga.

Marquez mengaku tak menyangka bisa unggul 21 poin setelah tiga balapan awal ini. Apalagi, Baby Alien mengalami banyak masalah saat tes pramusim. Namun, dia menegaskan hasil pada tiga balapan perdana belum bisa dijadikan ukuran.

“Untuk persaingan gelar juara, kami harus melihat apa yang terjadi di seri MotoGP Eropa karena Jorge Lorenzo sangat kuat di trek-trek tersebut. Kami akan bekerja keras dan saya yakin pada setiap balapan kami akan berkembang,” tegas Marc Marquez.

Video Populer

Foto Populer