Sukses


Regulasi Ban Baru Sulitkan Marquez dan Pedrosa

Bola.com, Jakarta Pabrikan asal Jepang, Honda, memiliki masalah dengan ban baru yang digunakan pada MotoGP 2016 musim ini. Ban Michellin yang wajib dipakai oleh semua tim dianggap memiliki karakter berbeda dengan motor buatan mereka serta menyulitkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Dorna selaku penyelenggara MotoGP memang memberlakukan beberapa peraturan baru pada musim ini. Salah satunya adalah penyeragaman penggunaan ban yang mengharuskan semua tim wajib memakai ban Michellin.

Aturan ini membuat Honda sedikit kerepotan. Pasalnya mereka harus melakukan beberapa uji coba untuk memastikan ban Michellin cocok dipakai pada motor Honda. Marquez dan Pedrosa beberapa kali sempat mengalami insiden karena masalah ban baru ini.

Wakil Direktur Honda, Shouhei Nakamoto, menilai ada perbedaan karakter antara Michellin dan ban lama musim lalu. Namun secara keseluruhan ban Michellin memang tak jauh berbeda dengan Bridgestone yang sebelumnya digunakan.

"Ban baru punya karakteristik berbeda meski tidak banyak. Itu sebabnya kami melakukan uji coba ke berbagai sirkuit untuk mencari setelan terbaik," kata Nakamoto dikutip dari Speedweek, Selasa (20/9/2016).

"Di beberapa lintasan kami memiliki sedikit masalah karena beberapa material baru selalu ditambahkan. Kontur ban Bridgestone dan Michellin berbeda, tapi hal itu masih bisa kami terima," kata Nakamoto.

Meski Marquez memimpin klasemen sementara MotoGP musim ini, beberapa kali pebalap asal Spanyol itu sempat terjatuh seperti saat MotoGP Austria dan Inggris. Sementara Pedrosa tak luput dari kesialan di dalam lintasan. Terakhir, Pedrosa terjatuh saat latihan bebas ketiga MotoGP San Marino.

Video Populer

Foto Populer