Sukses


Tes Sepang: Iannone Kuasai Hari Kedua, Rossi di Bawah Vinales

Bola.com, Sepang - Pebalap Suzuki, Andrea Iannone, menjadi yang tercepat pada hari kedua tes pramusim resmi MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (31/1/2017). Namun, yang mencuri perhatian pada hari kedua tes adalah duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Rossi dan Vinales terlihat menguji fairing baru pada motor YZR-M1 dengan winglet tersembunyi (concealed winglet). Itu merupakan terobosan Yamaha untuk mengakali larangan sayap aerodinamika yang menonjol pada musim 2017.

Tes semestinya dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat. Namun, trek yang basah akibat hujan pada Senin (30/1/2017) sore membuat mayoritas pebalap memilih menunggu trek mengering sebelum beraksi.

Para pebalap baru mulai turun lintasan untuk melahap program tes dengan memakai ban slick (kering) sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Ketika trek sudah kering total, catatan waktu pun semakin membaik.

Debutan dari tim Tech 3 Yamaha Johann Zarco menjadi pebalap pertama yang menembus 2 menit 1 detik. Alvaro Bautista (Aspar Ducati) dan Vinales sempat mempertajam catatan waktu Zarco sebelum Iannone melesat dengan membukukan 2 menit 0,402 detik.

Dua jam sebelum tes berakhir, pebalap Marc VDS Honda Tito Rabat mengalami crash di tikungan 11. Tes pun mesti ditunda selama sejam. Rabat sempat diperiksa di pusat medis sebelum akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Putrajaya untuk menjalani pemindaian x-rays dan pemeriksaan lanjutan. Situs Autosport melaporkan Rabat mengalami cedera lutut kiri dan pergelangan tangan kanan.

Setelah sempat dihentikan sementara, tes kembali dilanjutkan. Para pebalap menggunakan 30 menit terakhir untuk melakukan simulasi kualifikasi dengan ban baru.

Hector Barbera (Avintia Ducati), Bautista, dan Zarco bergantian membukukan waktu tercepat. Namun, 11 menit sebelum tes berakhir Iannone kembali melesat dengan menorehkan 1 menit 59,452 detik dan tak bisa dilewati lagi oleh pebalap lain.

Fairing baru Yamaha dengan winglet tersembunyi sepertinya memberikan efek positif karena Vinales berada di posisi kedua dan Rossi di peringkat keempat. Vinales dan Rossi dipisahkan oleh Bautista.

Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, sudah lebih kompetitif. Setelah hanya menempati posisi ke-17 pada hari pertama, kali ini Lorenzo bercokol di peringkat kedelapan.

Marc Marquez menjadi pebalap tercepat Honda di posisi ke-10. Namun, dia sempat berhenti di trek yang diduga akibat masalah elektrik.

Tes Sepang akan berlangsung hingga Rabu (1/2/2017). Pada hari terakhir, Ducati kembali menurunkan Casey Stoner yang menjadi pebalap tercepat pada hari pertama tapi tak turun pada hari kedua. Catatan waktu Stoner pada hari pertama lebih lambat 0,228 detik daripada catatan waktu terbaik Andrea Iannone pada hari kedua.

Hasil hari kedua tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (31/2/2017). (Bola.com/Twitter)

Video Populer

Foto Populer