5 Fakta Menarik Setelah Vinales Juarai MotoGP Argentina

Oleh Andhika Putra pada 10 Apr 2017, 04:00 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (kanan), berselebrasi setelah menjuarai MotoGP Argentina, Minggu (9/4/2017). (EPA/David Fernandez)

Bola.com, Argentina- Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, kembali naik podium pertama pada balapan MotoGP Argentina yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (10/4/2017) WIB. Ini merupakan kemenangan ketiga Vinales di kelas MotoGP sepanjang kariernya.

Kemenangan tersebut Vinales menjadi pebalap pertama Yamaha yang memenangi dua balapan pembuka musim di kelas primer (500cc/MotoGP) setelah Wayne Rainey pada 1990.

Seperti diketahui, Vinales juga menjadi pebalap tercepat pada seri perdana MotoGP 2017 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (26/3/2017). Dengan kemenangan di Argentia, Vinales total telah meraih tiga kemenangan di kelas MotoGP setelah pada musim sebelumnya merebut podium pertama di Sirkuit Silverstone bersama Suzuki Ecstar.

Rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi, juga mencatatkan rekor spesial yakni mencatatkan penampilan ke-350 di kelas grand prix, yang ditandai dengan keberhasilan naik podium kedua. Selain performa cemerlang Vinales dan Rossi, MotoGP Argentina juga menyimpan lima fakta menarik yang patut diketahui.

Berikut ini lima fakta menarik yang tercipta pada balapan MotoGP Argentina, Senin (10/4/2017):

1. Tujuh pebalap mengalami crash pada MotoGP Argentina, yaitu Marc Marquez (Repsol Honda), Dani Pedrosa (Repsol Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), Jorge Lorenzo (Ducati), Aleix Espargaro (Aprilia), Sam Lowes (Aprilia), dan Alex Rins (Suzuki). 

2. Marc Marquez gagal memenangi satu dari dua seri balapan pembuka untuk pertama kalinya sejak naik ke kelas MotoGP pada 2013 akibat terjatuh saat menjalani lap kedua.

3. Jorge Lorenzo kembali gagal menaklukkan Sirkuit Termas de Rio Hondo setelah terjatuh saat menikung pertama ketika balapan baru dimulai. MotoGP Argentina juga menjadi satu dari empat sirkuit yang belum sekalipun ditaklukkan X-Fuera selain Austin, Sachsenring, Sepang, dan Red Bull Ring.

4. Selain mencatatkan namanya sebagai peraih podium ketiga MotoGP Argentina, Cal Crutchlow juga menjadi pebalap Honda pertama yang berhasil naik podium pada MotoGP 2017. Seperti diketahui, Marquez dan Pedrosa juga gagal naik podium pada balapan MotoGP Qatar, Minggu (10/4/2017).

5. KTM berhasil meraih poin pertama di kelas MotoGP setelah Pol Espargaro dan Bradley Smith menempati urutan ke-14 dan 15.

Abo SiapAbo Siap

saya puas sekali bola.com