Rivalitas Vinales - Marquez Tak Penting bagi Rossi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 12 Apr 2017, 12:00 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Tavulia - Ayahanda Valentino Rossi, Graziano, mengatakan memperhatikan rivalitas antara Maverick Vinales dan Marc Marquez bukan menjadi priorotas sang putra. Menurut Graziano, yang harus dilakukan Rossi saat ini adalah mengejar gap catatan waktu dengan sang rekan setim, Vinales. 

"Valentino masih punya gap 0,2 detik atau 0,3 detik per lap dengan Vinales yang harus dipangkas. Lagi-lagi saya mesti mengatakan itu setelah balapan terakhir (MotoGP Argentina), tapi saya yakin Valentino telah memikirkan cara untuk memangkas gap pada balapan berikutnya," kata Graziano, seperti dilansir Tuttomoriweb, Rabu (12/4/2017).

"Dia ingin memenangi titel pada tahun ini dengan segala cara dan ingin setidaknya berusaha hingga balapan terakhir," sambung dia.  

Sejak tes pramusim 2017, Vinales sudah menunjukkan sinyal sebagai salah satu kandidat kuat juara dunia MotoGP 2017. Dia kembali membuktikan diri dengan memenangi dua balapan perdana pada musim ini, masing-masing di MotoGP Qatar dan Argentina. 

Banyak pihak meramalkan pacuan juara dunia MotoGP bakal mengerucut pada duel Vinales dengan juara MotoGP 2016, Marc Marquez. Namun, pada dua balapan awal Baby Alien gagal naik podium. Setelah finis keempat di Qatar, dia malah crash di Argentina. Di sisi lain, Valentino Rossi malah tampil lebih konsisten dengan menempati posisi ketiga dan kedua di MotoGP Qatar dan Argentina. 

Graziano mengatakan Rossi lebih baik mengabaikan skenario Marquez versus Vinales dan fokus pada pekerjaan rumah terbesarnya. 

"Mereka (Vinales dan Marquez) berusaha sangat keras, jadi mungkin saja ada kesalahan. Namun, Valentino tak membutuhkannya (memperhatikan persaingan Vinales dan Marquez). Yang dibutuhkan Valentino adalah bagaimana bisa secepat Vinales dan bagaimana mengambil risiko," urai Graziano.

"Valentino Rossi sudah bagus saat balapan, namun setelah motor belum 100 persen sehingga dia banyak kehilangan waktu saat latihan bebas. Yang jelas dia harus segera mengejar defisit 0,2 detik dari Vinales," tegas Graziano.