8 Fakta Menarik MotoGP 2017: Rekor Rossi hingga Poin Vinales

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Apr 2017, 17:15 WIB

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP 2017 baru menyelesaikan dua seri, di Qatar dan Argentina. Namun berbagai catatan menarik telah mewarnai persaingan para pebalap di kelas premier ini. 

Salah satu catatan menarik adalah rekor podium Valentino Rossi. Pebalap berjuluk The Doctor tersebut mencatat rekor minimal sekali naik podium pada setiap musim selama 22 tahun berkiprah di ajang Grand Prix. 

Apakah catatan menarik lainnya. Berikut ini fakta-fakta menarik sepanjang MotoGP 2017, yang dilansir Speedweek, Senin (17/4/2017): 

1. Enam balapan terakhir MotoGP dimenangi oleh lima pebalap berbeda: Marc Marquez, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, dan Maverick Viñales, yang dua kali menang pada 2017.

2. MotoGP Argentina di Termas de Rio Hondo merupakan satu dari lima GP yang belum pernah dimenangi Jorge Lorenzo. Empat seri lainnya adalah MotoGP Austin, MotoGP Jerman di Sachsenring, MotoGP Malaysia di Sepang, dan MotoGP Austria di Red Bull Ring. 

3. Maverick Vinales selalu mendulang poin pada 18 balapan terakhir MotoGP. Sejak MotoGP Argentina 2016, dia tak pernah menyudahi balapan dengan tangan hampa. 

4. Maverick Vinales adalah pebalap pertama Yamaha yang mampu memenangi dua balapan pertama di kelas premier (MotoGP Qatar dan Argentina) sejak Wayne Rainey melakukan hal serupa pada musim 1990. 

5. Pebalap terlamban (per lap) pada MotoGP Qatar 2017 hanya berjarak 1,891 detik dari pebalap dengan waktu lap tercepat, Johann Zarco. Sebelumnya, di kelas MotoGP tak pernah terjadi antara pebalap dengan waktu lap tercepat dan terlamban dipisahkan margin kurang dari dua detik. 

6. Empat rookie MotoGP musim ini, Johann Zarco, Sam Lowes, Jonas Folger, dan Alex Rins menempati posisi empat terbaik pada Moto2 Argentina 2014. 

7. Marc Marquez untuk kali pertama tak menang pada dua balapan pertama di kelas MotoGP. Empat musim sebelumnya, minimal dia memenangi satu dari dua balapan pembuka musim. Pada MotoGP Qatar, Marquez hanya finis keempat, sedangkan di Argentina dia gagal finis.  

8. Valentino Rossi memperpanjang rekor selalu naik podium di setiap musim Grand Prix. Ini merupakan musim ke-22 Rossi di ajang GP. Pada MotoGP 2017, Rossi menempati podium ketiga di Qatar, sedangkan di Argentina menjadi runner up