Performa Bagus Vinales dan Rossi Bikin Marquez Sakit Kepala

Oleh Oka Akhsan pada 18 Apr 2017, 12:15 WIB
Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Bola.com, Barcelona - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengatakan duo Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, merupakan rider terkuat pada MotoGP 2017. Marquez pun mengakui performa bagus Vinales dan Rossi berpotensi menggagalkan ambisinya untuk mempertahankan gelar juara dunia.

Duo Movistar Yamaha tampil dominan pada dua seri pertama musim ini di Losail, Qatar, dan Termas de Rio Hondo. Vinales selalu menang, sedangkan Rossi tak pernah absen naik podium.

Raihan dua kemenangan menempatkan Vinales di puncak klasemen sementara dengan koleksi 50 poin. Rossi membuntuti di peringkat kedua dengan 36 poin.

Sebaliknya, Marquez meraih hasil yang kurang memuaskan. Setelah hanya finis keempat di Qatar, sang juara dunia bertahan malah gagal menyelesaikan balapan di Argentina karena crash saat sedang memimpin lomba.

Akibatnya, Marquez tertahan di posisi kedelapan klasemen. Pebalap asal Spanyol itu tertinggal 37 poin dari Vinales.

"Sekarang saya ada di posisi kedelapan klasemen, jadi ada tujuh rival di atas saya dan itu sangat banyak! Dua pebalap Yamaha merupakan rival terkuat dan akan membuat segalanya menjadi lebih sulit buat saya," kata Marquez seperti dikutip dari Fox Sports Asia, Selasa (18/4/2017).

Meski tertinggal cukup jauh dari Vinales, Marquez belum menyerah dalam perburuan gelar. Menurut Marquez, musim masih panjang. Namun, Marquez mengakui dia akan sangat sulit mempertahankan gelar juara jika kembali membuat kesalahan seperti di Argentina.

"Kesalahan itu harganya selalu mahal. Musim sangat panjang dan Anda pasti akan membuat kesalahan. Saya sudah melakukannya pada balapan kedua. Kini saya harus memiliki mentalitas mengakhiri balapan dengan mulus, menambah poin, dan tak mengulangi kesalahan," ujar Marquez.

Marc Marquez berpeluang memangkas selisih dengan Maverick Vinales dan Valentino Rossi pada seri berikutnya di Austin, Texas, AS, 21-23 April. Sejak GP Austin masuk kalender kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2013, Marquez selalu menjuarai kelas MotoGP.