Marc Marquez Bidik Podium Pertama Musim Ini di Austin

Oleh Oka Akhsan pada 19 Apr 2017, 11:40 WIB
Marc Marquez

Bola.com, Austin - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, membidik podium pertama pada musim 2017 pada balapan MotoGP Austin di Circuit of the Americas (COTA), Texas, AS, 23 April.

Marquez belum pernah finis di posisi tiga besar dari dua seri awal MotoGP 2017. Si Bayi Alien finis keempat pada seri pembuka di Losail, Qatar, 26 Maret, dan crash out pada seri kedua di Termas de Rio Hondo, Argentina, 9 April.

Awal musim ini menandai start terburuk Marquez sejak debut di kelas MotoGP pada 2013. Sebelumnya, pebalap asal Spanyol itu selalu minimal meraih satu kemenangan dari dua seri awal.

Akibat start yang buruk, Marquez tertahan di posisi kesembilan klasemen sementara pebalap dengan koleksi 13 poin. Sang juara bertahan itu tertinggal 37 poin dari pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, yang memuncaki klasemen setelah menjuarai balapan di Qatar dan Argentina.

"Setelah balapan di Argentina saya senang kembali ke trek yang sangat saya cintai di Austin, meski tentu saja saya lebih memilih datang ke sana dalam posisi yang lebih baik. Apapun itu, race weekend akan segera dimulai dan kami siap mengerahkan 100 persen kemampuan untuk mencoba mendapatkan podium pertama kami musim ini," kata Marc Marquez seperti dikutip dari situs resmi Repsol Honda, Rabu (19/4/2017).

Kans Marquez naik podium atau bahkan meraih kemenangan di Austin terbuka lebar karena dia memiliki rekam jejak yang bagus di sana. Sejak Austin masuk kalender balapan grand prix pada 2013, Marquez mendominasi dengan selalu memenangi balapan kelas MotoGP dari pole position.

Masalah motor Honda RC213V yang belum kompetitif disinyalir tak akan menjadi penghalang Marquez untuk meraih hasil bagus di Austin. Sebagai catatan, saat menang di Austin pada 2015 dan 2016, motor Honda Marquez juga kurang kompetitif.

"Saya punya kenangan manis di Austin. Bagi saya ini merupakan sirkuit terbaik di kalender MotoGP. Saya menyukai layout trek ini karena memiliki banyak tipe tikungan dan perubahan elevasi. Selain itu, saya juga mencintai gaya Amerika di mana fans sangat menikmati balapan dan bersenang-senang di trek," ujar Marc Marquez.