Sukses


Kepala Kru: Vinales Menjadi Cepat karena Melawan Nalurinya

Bola.com, Texas - Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, ternyata belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya meski sudah memenangi dua balapan awal MotoGP 2017. Kepala kru Vinales, Ramon Forcada, mengatakan sang pebalap tak sepenuhnya nyaman membalap dengan motor Yamaha YZR-M1.

Forcada menyebut Vinales harus melawan nalurinya saat mengendarai motor Yamaha. Dia mengungkapkan pebalap asal Spanyol itu harus berupaya keras dalam hal pengereman untuk bisa memanfaatkan keuntungan maksimal dari traksi motor Yamaha.

Kepada Motorsport, Forcada mengatakan Vinales akan suka dengan daya tunggangan dan traksi Yamaha yang mirip dengan motor Honda dan secepat motor Ducati.

"Tapi semua pebalap juga akan senang dengan hal itu. Karena dia tahu itu mustahil, dia kemudian tak membalap dengan cara yang membuatnya nyaman, namun berusaha untuk memaksimalkan apa yang telah ditawarkan Yamaha kepadanya," ujar Forcada.

"Dia ingin melakukan pengereman yang lambat dan keras, dan menikung lebih cepat, seperti Honda. Tapi dia sadar itu mustahil dengan motor ini, jadi kami harus sedikit meniru apa yang dilakukan Jorge Lorenzo."

Forcada mengatakan Vinales kini lebih cepat di tikungan ketimbang saat dia mengendarai motor Suzuki. Namun, itu bukan berarti pebalap berusia 22 tahun itu menyukai karakter motor Yamaha.

"Dia bukan menyukainya, tapi begitulah cara kerja motornya," kata Forcada.

Sang kepala kru kemudian menilai masih ada yang perlu dikembangkan dalam hal penampilan. "Maverick Vinales harus memperbaiki penampilannya, tapi ini masalah waktu. Dia harus membiasakan diri untuk mendapatkan waktu lap terbaik saat lap pertama, bukan yang kedua," tutur Forcada.

Video Populer

Foto Populer